Ratusan Petani Eks Plasma Dukung Tindakan Kapolda Kalbar

Covesia.com – Ratusan petani sawit eks plasma PT Benua Indah Grup (PT BIG) di Kabupaten Ketapang menyatakan siap “pasang badan” jika ada pihak-pihak yang mengintervensi Kapolda Kalbar Brigadir Jenderal (Pol) Arief Sulistianto.

Hal itu dilakukan terkait ditangkapnya Budiono Tan bos PT BIG yang menggelapkan sekitar 1.535 sertifikat petani sawit di kabupaten itu, kata Ketua Front Perjuangan Rakyat Ketapang, Isa Anshari saat dihubungi di Ketapang, Minggu (11/1/2015).

“Kesepakan kami (petani sawit) akan ‘pasang badan’ untuk kapolda Kalbar,” katanya.

Ia menjelaskan siapa pun yang melakukan intervensi terhadap kasus Budiono Tan, maka seluruh petani eks plasma perusahaan PT BIG akan melakukan perlawanan. “Siapa pun itu, pengusaha, pejabat negara maupun politikus, apapun bendera partainya yang intervensi dalam kasus Budiono Tan, akan kami hadapi,” ujarnya.

Sekitar 10 ribu kepala keluarga petani sawit eks plasma PT BIG di Kabupaten Ketapang Kalbar, saat ini menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada kapolda Kalbar atas komitmennya pada kasus Budiono Tan. Sudah lima kapolda yang menjabat di Kalbar, sejak tahun 2009 dilaporkan, baru kali ini petani mendapatkan kepastian hukum, kata Isa.

“Kami berharap sertifikat 1.535 milik petani plasma perusahaan PT BIG, dengan luasan hamparan sekitar 3.000 hektare diagunkan Budiono Tan segera dikembalikan. Kami juga menuntut ganti rugi atas apa yang sudah dilakukannya terhadap petani di Ketapang itu, yang jelas hak-hak petani harus dikembalikan, karena Budiono Tan telah memakan keringat para petani sawit,” ujarnya kepada Antara, dilansir covesia.com, Minggu (11/1/2015). (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

eighteen + three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password