21 Ranperda Akan Dibahas DPRD Pasaman

Covesia.com – Sebanyak 21 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) masuk dalam Pogram Legislasi Daerah (Prolegda). Ranperda itu akan dibahas oleh DPRD Kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat secara bertahap dan diharapkan tepat waktu dalam pengesahannya.

“Ya benar, memasuki tugas DPRD Pasaman tahun 2015 ini sudah masuk Ranperda 21 buah yang akan kita bahas. Dari jumlah tersebut, ada lima Ranperda dari legislatif, dan 16 Ranperda dari eksekutif,” kata Ketua DPRD Pasama Yasri, pada covesia.com Selasa (13/1/2015).

Menurut Yasri, dari 21 Ranperda itu ada dua Ranperda tunggakan yang seharusnya selesai 2014. Tapi beberapa kendala belum dapat terselesaikan dan dimasukan pada Prolegda 2015.

Dua Ranperda tunggakan yang perlu dituntaskan itu adalah Ranperda Badan Layanan Usaha Daerah RSUD Lubuk Sikaping, yang diusulkan eksekutif, dan Ranperda Pedoman Pengelolaan Harta Kekayaan Nagari, sehubungan dengan keluarnya Undang-Undang Nomor 06 Tahun 2014 tentang Desa.

Dijelaskannya, Ranperda inisiatif terdiri dari, Ranperda Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Miskin, Ranperda Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Narkoba, Psikotropika dan Adiptif Lainnya. Dan Ranperda Pendidikan Keagamaan, Ranperda Pengembangan Produk Unggulan, dan Ranperda Pengelolaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

Sementara Ranperda yang berasal dari eksekutif dan masuk dalam Prolegda 2015 adalah Ranperda Detail Penataan Tata Ruang Kawasan Perkotaan Lubuk Sikaping, Ranperda Kawasan Minapolitan. Ranperda Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2015-2020, Ranperda Perubahan Atas Perda Nomor 12 Tahun 2011, tentang Pemerintahan Nagari, Ranperda Kawasan Tanpa Rokok, Ranperda Tata Cara Penyusunan Rencana Pembangunan Nagari, Ranperda Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Izin Gangguan (Ho) dan Ranperda lainnya.

(man/cal)

0 Comments

Leave a Comment

1 × 1 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password