Biak Belum Tetapkan Tarif Angkutan Baru Pasca Penuruhan Harga BBM

Covesia.com – Dinas Perhubungan Kabupaten Biak Numfor, Papua, hingga Rabu (14/1/2015) belum menetapkan tarif angkutan umum di wilayah itu pasca penuruhan harga BBM. Karena masih menghitung ulang seberapa besar persentase kenaikan untuk semua rute angkutan.

Sekretaris Dinas Perhubungan Otto P. Wainggai di Biak, Rabu, mengatakan bahwa Bidang Angkutan Darat Dishub bersama Organisasi Angkutan Darat (Organda) tengah menghitung persentase kenaikan sesuai dengan radiogram Gubernur Papua 2014.

“Besaran kenaikan angkutan jika mengacu Keputusan Gubernur Papua berkisar Rp500,00–Rp1.000,00. Oleh karena itu, pihak Dishub masih perlu melakukan penghitungan ulang agar setelah penetapan tarif tidak ada keberatan dari pihak mana pun,” kata Otto Wainggai.

Meski saat ini belum ditetapkan tarif resmi angkutan umum, kata dia, para sopir angkutan dapat memberlakukan tarif sementara yang sudah disepakati para pengemudi angkutan beberapa waktu lalu.

“Sambil menunggu keluarnya SK Bupati Biak mengenai penyesuaian tarif angkutan pasca perubahan harga BBM, saat ini ketentuan tarif angkutan masih bersifat sementara,” kata Sekretaris Dishub Otto Wainggai.

Menyinggung pengawasan di lapangan pemberlakuan tarif sementara, menurut Otto Wainggai, jajaran Dishub akan melakukan pengawasan di lapangan mengenai pemberlakuan tarif sementara angkutan umum.

“Ya, sejauh ini pelaksanaan tarif angkutan sementara masih berjalan normal. Oleh karena itu, jajaran Dishub terus berupaya melakukan penghitungan ulang sehingga saat ditetapkan sesuai ketentuan berlaku,” katanya.

Hingga Rabu pagi pukul 08.00 aktivitas pelayanan angkutan dalam kota dan angkutan antarperdesaan di Kabupaten Biak Numfor masih berjalan normal. Adapun besarnya tarif dalam kota rata-rata Rp4.000,00–Rp5.000,00/orang untuk umum serta Rp3.000,00–Rp4.000,00/siswa. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

four × four =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password