Ratusan Rumah Terendam Banjir di Pasaman

Covesia.com – Puluhan hektare sawah dan kolam masyarakat Nagari Lubuk Layang Kecamatan Rao Selatan Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat terendam banjir.

Berdasarkan laporan tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir tersebut. Namun saat ini petugas pemerintahan nagari (Desa) terus melakukan pendataan kerugian materil akibat bencana tersebut.

Selain itu sejumlah fasilitas umum juga ikut terendam banjir seperti gedung SMP Negeri 2 Rao Selatan yang mengakibatkan terhentinya proses belajar mengajar disekolah tersebut

Banjir yang disebabkan oleh hujan deras yang mengguyur Kecamatan Rao Selatan sejak dua hari terakhir sehingga dua sungai besar yakni Batang Sibinail dan Batang Asik meluap.

“Data sementara luas sawah yang dihantam banjir sekitar 25 hektare lebih. Sedangkan kolam juga diatas 20 buah. Saat ini pemerintah nagari dan kejorongan sedang melakukan pendataan,” kata Ermyn Walinagari (Kepala Desa) Lubuk Layang kepada covesia.com, Kamis (15/1/2015).

Banjir setinggi lutut orang dewasa juga menggenangi permukiman warga. Banjir terjadi di dua Kejorongan di Nagari Lubuk Layang tersebut yakni Jorong Tanjung Beringin dan Jorong Ampek Kubu.

“Banjir sering terjadi setiap musim hujan tiba. Ada tiga kampung padat pemukiman yang sering dilanda banjir yakni Curanting, Padang Nunang dan Lubuk Layang,” tambahnya. (Man/utr)

0 Comments

Leave a Comment

14 − 13 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password