Jalan Longsor Tapanuli Selatan Dapat Dilalui

Covesia.com – Ruas sebagian jalan lintas Sumatera atau jalinsum di Desa Kapuran, Kecamatan Angkola Timur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara, yang sempat tertutup tanah longsor, sudah dapat dilalui seperti biasanya dan tidak ada kendala.

“Sebagian ruas jalinsum di Desa Kapuran yang sempat tertutup penuh dengan lumpur, saat ini materialnya itu sudah diangkut dan dibersihkan oleh petugas PU yang dibantu masyarakat,” kata Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapanuli Selatan, Muhammad Soleh Lubis, saat dihubungi dari Medan, Kamis (15/1/2015).

Peristiwa longsor di Wilayah Pantai Barat, menurut dia, terjadi Rabu (14/1) dan ketika itu tanah yang berada di perbukitan tiba-tiba longsor, dan materialnya menutupi sebagian badan jalinsum.

“Akibat tanah longsor yang bercampur lumpur cukup tebal, membuat ratusan pengemudi mobil pribadi, bus angkutan umum, truk dan sepeda motor tidak dapat melintas di tempat kejadian perkara (TKP),” ujar Soleh.

Dia mengatakan, kemacetan yang terjadi di jalinsum tersebut sepanjang lebih kurang 5 kilometer, dan selama enam jam antrean, sehingga para pengemudi banyak yang kecewa.

Selain itu, ada beberapa pengemudi mobil pribadi terjebak di dalam lumpur dan harus dievakuasi dengan mengeluarkan dari TKP.

“Personel kami juga turun tangan di lapangan untuk membersihkan potongan kayu, material tanah lumpur yang bercampur batu dari gunung,” katanya.

Soleh menambahkan, saat terjadinya fenomen alam itu, personel Lantas Polresta Medan yang dibantu warga setempat terpaksa bekerja keras mengatur arus lalu lintas yang macet.

“Jalinsum di Kecamatan Angkola Timur sudah aman untuk dilalui para pengguna jasa jalan negara, bus mengangkut penumpang dari Medan- Padang, Pekanbaru, Palembang dan daerah lainnya lancar, aman, serta tertib,” kata Sekretaris BPBD Tapsel. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

4 + 15 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password