127 Panti Sosial Di Sumbar Terancam Tak Dapat Bantuan Beras

Covesia.com – Sedikitnya 127 Panti Sosial yang dikelola oleh masyarakat Sumbar pada 2015 terancam tidak mendapatkan bantuan beras, seperti di tahun sebelumnya. Pasalnya, anggaran pengadaan beras dengan nilai Rp4,5 miliar yang dialokasikan Pemprov Sumbar masuk dalam evaluasi APBD 2015 Kemendagri.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial Sumbar, Abdul Gaffar. Menurutnya, selama ini, Pemprov Sumbar menggelontorkan bantuan bagi panti sosial yang dikelola langsung oleh masyarakat, baik yayasan maupun bentuk lembaga, dengan nilai bantuan sebesar 0,5 kg/anak/bulan.

Namun, karena anggaran yang dialokasikan masuk dalam daftar evaluasi Kemendagri, maka bentuk bantuan itu terancam tak dapat diberikan. Sedangkan pos anggaran untuk panti yang dikelola Delapan unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) terbilang aman.

Walau demikian, lanjut Gafar, berdasarkan evaluasi lalu, TPAD masih mengusulkan dan diharapkan bantuan berupa beras ini tidak dialihkan, terutama mengingat beras sudah dikelola oleh lembaga. Dinas Sosial Sumbar sendiri, saat ini mengalokasikan anggaran Rp17 miliar untuk bantuan Hibah dan Bansos. Anggaran ini diperuntukkan dalam mengatasi persoalan sosial yang ada di Sumbar.

(aan/zik)

0 Comments

Leave a Comment

19 + three =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password