KPA Lakukan Tes HIV, 2 Positif di Penajam

Covesia.com – Komisi Penanggulangan HIV/AIDS (KPA) Kabupaten Penajam Paser Utara Provinsi Kalimantan Timur kembali menemukan dua orang positif terinfeksi HIV, virus penyebab AIDS, saat melakukan tes HIV terhadap 300 orang.

Sekretaris KPA Kabupaten Penajam Paser Utara, Jodi, mengungkapkan, dua orang yang positif HIV tersebut, merupakan hasil Voluntary Counselling and Testing (VCT) yang dilakukan KPA bersama Dinas Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanujoso Djatiwibowo Balikpapan.

VCT tersebut, kata Jodi lagi, dilakukan di sejumlah tempat hiburan di Kabupaten Penajam Paser Utara, dan dari 300 orang yang melakukan VCT dua orang di antaranya positif terinfeksi HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Dengan tambahan dua orang positif terinfeksi HIV, berarti jumlah Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi 29 orang.

“Hasil tes VCT terhadap 300 orang itu sudah kami terima, dua di antaranya positif HIV. Keduanya bekerja di salah satu tempat karaoke di Penajam,” ujar Jodi pula.

Kedua orang yang terinfeksi HIV itu, katanya lagi, adalah warga luar Kalimantan Timur.

Kedua orang tersebut, menurut Jodi, diduga terinfeksi HIV bukan saat bekerja di Penajam Paser Utara tetapi sewaktu masih bekerja di luar Kaltim.

Berdasarkan hasil VCT itu, lanjut Jodi, ditemukan pula dua petugas puskesmas terinfeksi penyakit kelamin jenis sipilis.

“Keduanya diduga terinfeksi dari hasil pemeriksaan darah dan VCT. Tapi kami belum tahu kenapa bisa tertular penyakit kelamin, hasil pemeriksaan ini nantinya kami serahkan kepada yang bersangkutan,” ujar Jodi.

Kepala Seksi Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Penajam Paser Utara, Eka Wardana mengaku belum menerima hasil laboratorium yang menyatakan dua tenaga medis di puskesmas setempat terinfeksi penyakit kelamin jenis sipilis.

“Saya sudah mendengar ada tenaga medis yang diduga terinfeksi sipilis, tapi kami belum bisa pastikan apakah benar karena masih menunggu hasil laboratorium baru bisa memastikannya,” ujar Eka Wardana dilansir covesia.com dari antara, Sabtu (17/1/2015).

(ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

three × one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password