Pasaman Kucurkan Rp1,5 miliar Untuk PAUD

Covesia.com – Pemerintah Kabupaten Pasaman, Sumbar mengucurkan sebesar Rp1,3 miliar untuk pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam APBD tahun 2015. Pemerintah pusat juga membantu sebesar Rp200 juta, total khusus untuk PUAD tahun ini sebesar Rp1,5 miliar.

Kepala Dinas Pendidikan Pasaman melaui Kepala Bidang (Kabid) PAUD, Noviartias kepeda covesia.com mengatakan anggaran itu akan dipergunakan untuk program pembinaan dan peningkatan mutu kompetensi pendidik melalui kegiatan diklat berjenjang. Kemudian, dana insentif pendidik PAUD serta pembangunan fisik dan prasarana berupa bantuan APE luar dan dalam untuk lembaga PAUD se-Pasaman melalui bidang sarana dan prasarana.

“Anggaran ini mengalami peningkatan dari 2014, yang hanya Rp1,2 miliar. Ini adalah perhatian pemerintah daerah dalam pembangunan sumberdaya manusia sejak dini, dan menciptakan generasi muda yang unggul,” sebutnya.

Menurutnya, Pasaman sudah memiliki 293 lembaga PAUD dengan jumlah anak didik 9.588 orang, dan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Anak Usia Dini berkisar pada 59,39. Peningkatan APK PAUD ini jauh melejit bila dibanding pada tahun 2010, yang mana APK PAUD hanya mencapai 4,56.

Kemudian, Pasaman juga mempunyai 40 gugus PAUD. Gugus tersebut merupakan ujung tombak dalam peningkatan mutu dan kompetensi tenaga pendidik.

Sedangkan, dari jumlah PAUD yang ada, untuk tenaga pengajar mencapai 939 orang, dimana penggajian mereka dibagi menurut kriteria atau golongan.

(man/zik)

0 Comments

Leave a Comment

5 × 3 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password