BBM Turun, Manado Bisa Deflasi Satu Persen

Covesia.com – Penurunan harga bahan bakar minyak(BBM) yang turun dua kali di bulan Januari 2015, diperkirakan akan memicu deflasi Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Bulan ini, diperkirakan Manado akan mengalami deflasi karena dipicu penurunan harga BBM,” kata Pengamat Ekonomi Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado, Agus T Poputra, di Manado, Sabtu (17/1/2015).

Diperkirakan, Januari 2015 Sulut alami deflasi sebesar satu persen, karena selain penurunan BBM, pasti akan diikuti penurunan harga tarif angkutan umum baik dalam kota maupun provinsi.

Agus mengatakan penurunan harga BBM, yang terjadi sebanyak dua kali di bulan ini, pasti akan memberikan sumbangan negatif pada inflasi di daerah maupun nasional.

Harga BBM jenis premium turun dari Rp8.500 per liter, kemudian turun menjadi Rp7.600 per liter dan saat ini menjadi Rp6.600 per liter.

Untuk jenis solar dari Rp7.500 per liter menjadi Rp6.400 per liter.

Penurunan ini, katanya, akan diikuti oleh penurunan tarif dan kebutuhan pokok masyarakat.

Meskipun di Desember 2014 terjadi inflasi yang cukup tinggi yakni 3,83 persen namun, dengan adanya penurunan BBM, dan cabai rawit akan mendorong Manado alami deflasi. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

14 + 13 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password