Warga Lubuk Basung Agam Tanam Pisang di Jalan Berlubang

Covesia.com – Warga Manggong, Nagari Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), menanam pohon pisang dengan tinggi sekitar dua meter di jalan berlubang di daerah mereka.

“Ini kami lakukan agar pengendara sepeda motor tidak terjatuh saat melewati jalan itu, karena jalan itu berlubang semenjak beberapa bulan,” kata warga Manggong Hengki (33) di Lubuk Basung, Minggu (18/1/2015).

Ia menambahkan jalan provinsi penghubung Manggopoh menuju Kota Bukittinggi ini sering terjadi kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan luka ringan dan berat.

Selain itu, kondisi ini bisa mengakibatkan kendaraan roda dua dan empat mengalami rusak saat masuk lubang itu, karena ada benturan yang cukup keras.

Dengan kondisi ini, warga kemudian mengambil inisiatif untuk membuat tanda dengan menanam pohon pisang dalam pot. Kemudian diletakkan di badan jalan yang berlubang dengan luas 20 sampai 50 centimeter dengan kedalaman 10 centimeter.

“Ini kami lakukan semenjak Jumat (16/1/2015),” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya berharap Dinas Pekerja Umum Kabupaten Agam untuk memperbaiki jalan tersebut, sehingga tidak ada korban jiwa.

“Kami berharap segera diperbaiki jalan ini, agar tidak ada kecelakaan yang cukup besar yang mengakibatkan korban meninggal dunia,” harapnya.

Dilaporkan LKBN Antara, di tempat terpisah, Sekretaris Dinas Pekerja Umum (PU) Agam, Rafaan menambahkan Bidang Bina Marga Dinas PU Agam telah melakukan koordinasi dengan Dinas PU Provinsi Sumbar, karena jalan ini milik provinsi Sumbar.

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat, Dinas PU Provinsi Sumbar memperbaiki jalan tersebut, sehingga tidak ada lagi kecelakaan lalu lintas,” katanya. (ant/cal)

0 Comments

Leave a Comment

four − 2 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password