Pasaman Pacu Pembangunan Bronjong dan Rumah Korban Banjir Bonjol

Covesia.com – Pembangunan bronjong sepanjang 192 meter di lokasi bekas banjir bandang yang menelan korban jiwa dan harta di Kecamatan Bonjol, Kabupaten Pasaman, Sumbar sedang dilaksanakan. Sebesar Rp800 juta dana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pun dikucurkan.

Pembangunan bronjong dan rumah korban bencana banjir bandang hampir selesai. Dua kali air besar menghantam bekas lokasi banjir dalam satu bulan terakhir tidak berdampak apa-apa setelah terpasangnya bronjong tersebut.

Bupati Pasaman, H. Benny Utama bersama Kepala BPBD dan Dinas PU Pasaman, Selasa (27/1-2015) langsung melakukan sidak ke lokasi tersebut. Sejumlah tukang sedang bekerja di lokasi bencana membangun bronjong dan rumah korban banjir.

“Kita minta kepada rekanan dan pekerja agar membangun bronjong dan rumah korban banjir dengan baik dan sesuai dengan aturan. Sehingga dari pembangunan ini nanti akan baik dan bermanfaat bagi korban bencana” kata Benny Utama kepada covesia.com.

Menurut Benny Utama, melalui dana pusat, sebanyak 22 unit rumah korban banjir bandang yang hancur sudah dibangun. Masing-masing rumah dibantu dana sebesar Rp25 juta. Pembangunan rumah tersebut sudah selesai memasang batu bata. Sebagian rumah lagi akan dipasang atapnya.

Sementara, rumah yang rusak sedang sebanyak 7 unit telah direhab dengan dana APBD Pasaman masing-masing Rp8 juta. Sedang 42 unit rumah korban banjir bandang telah direhab dengan dana Rp4 juta.

“Kita minta kepada BPBD Pasaman agar mencairkan dana tahap tiga agar rumah tersebut bisa dipasang atap. Dalam waktu dekat puluhan rumah korban banjir yang dibangun dan direhab tersebut akan bisa ditempati oleh masyarakat,” sebut Benny Utama.

(man/zik)

0 Comments

Leave a Comment

seven + five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password