- Advertisement -
HomeArchipellagoKabut Asap Agak Pekat Selimuti Wilayah Pekanbaru Hari Ini

Kabut Asap Agak Pekat Selimuti Wilayah Pekanbaru Hari Ini

- Advertisement -

Covesia.com – Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terlihat agak pekat wilayah Kota Pekanbaru, Provinsi Riau dan sekitarnya, Selasa (30/7/2019).

Berdasarkan pantauan covesia.com, terlihat kabut yang agak pekat menyelimuti langit di wilayah Pekanbaru, dari pagi hingga menjelang siang ini. 

Udara di wilayah ini pun sedikit berbeda dari hari biasanya, yang agak beraroma sisa kebakaran lahan.

Menurut informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Selasa (30/7/2019) pagi, terdapat ada 138 titik panas (hot spot) di Pulau Sumatera.  Provinsi Riau terpantau paling banyak dengan 60 titik panas, yang tersebar di delapan kabupaten.

Sementara itu, menurut informasi yang disampaikan oleh Plh. Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo telah menerjunkan sebayak 1.512 personel gabungan untuk melakukan dan pemadaman karhutla di Riau.

Disamping itu, Satgas Udara juga telah mengerahkan armada helikopter dan fixed wing, yang difungsikan untuk pemadaman, pendinginan, patroli dan survei.

“Menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) tersebut, helikopter disiagakan di empat provinsi, yaitu Riau 17 helikopter, Sumatera Selatan 3, Kalimantan Barat 6 dan Kalimantan Tengah 7. Helikopter yang ditempatkan di Riau merupakan dukungan dari BNPB 7 unit, KLHK 1, swasta 8, dan TNI 1,” tutur Agus dalam keterangan tertulisnya yang diterima covesia.com, Selasa (30/7/2019).

Ia menjelaskan, perkembangan per 29 Juli 2019 pukul 16.00 WIB luas lahan terbakar di Riau seluas 27.683,47 ha.  

“Dampak luas lahan di wilayah Riau terbesar dibandingkan wilayah lain di Provinsi Sumatera Selatan, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan,” jelasnya.

Sementara itu, hotspot atau titik panas dengan kategori kepercayaan lebih dari 80%  atau tinggi terpantau di wilayah-wilayah tersebut. 

“Titik panas tercatat hingga pukul 16.00 WIB hari ini (29/7) Riau 27 titik, Jambi 26, Kalimantan Tengah 14, Kalimantan Barat 12, dan Sumatera Selatan 5, sedangkan Kalimantan Selatan tidak teridentifikasi adanya hotspot,” Agus menambahkan. 

(adi)

- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Related News
- Advertisement -

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 × two =