53 Hektare Hutan Terbakar di Pessel, KPHP: 6 Titik Api Belum Dapat Dipadamkan

Covesia.com – Sekitar 53 hektare lahan Hutan Produksi Konversi (HPK) di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) terbakar, sampai saat ini ada enam titik api belum dapat dipadamkan.

Kepala Kesatuan Pengelola Hutan Produksi (KPHP) unit IX Kabupaten Pesisir Selatan, Mardianto mengatakan, kebakaran sebanyak 53 hektare lahan (HPK) berada di dua Kecamatan di daerah tersebut.

“50 hektare berada di Kecamatan Pancung Soal dan sisanya berada di Kecamatan Silaut,” sebutnya pada wartawan, Senin (23/9/2019).

Ia menerangkan, kebakaran lahan di dua wilayah itu terpantau interpretasi citra satelit semenjak Kamis (19/9/2019), sampai saat ini beberapa titik api masih belum dapat dipadamkan.

“Dari pantauan interpretasi citra satelit, ada enam titik api di lokasi dan titik api itu, lebih banyak dari yang sebelumnya. Terkait kondisi itu, pihaknya dengan instansi terkait sudah berada di lokasi dalam upaya pemadaman api,” jelasnya

Melihat kondisi lahan yang terbakar semakin meluas, pihaknya kembali menurunkan 5 personel dan mesin pemompa air dalam upaya memadamkan api. 

“Tim yang diturunkan hari ini juga sekaligus untuk memetakan luas areal yang terbakar, hasilnya akan dijadikan sebagai patokan dalam upaya pemadaman ke depan,”ujarnya

Kendati demikian, sejauh ini pihaknya belum bisa memastikan apakah luas lahan terbakar makin meluas atau tidak.

“Diduga kuat api saat ini di lokasi sedang terjadi kebakaran,” tutupnya

Diketahui, sebelumnya kebakaran lahan dan hutan produksi konversi juga terjadi pada awal Agustus 2019 di perbatasan Kecamatan Basa IV Balai Tapan dan Lunang.

Saat ini dalam proses pemadaman api melibatkan Dinas Kehutanan Sumatera Barat, BPBD Pesisir Selatan dan personel dari KPHP unit IX Pesisir Selatan, TNI dan Polri serta masyarakat setempat.

Kontributor: Indrayen

0 Comments

Leave a Comment

four × 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password