- Advertisement -
BerandaArchipellagoWagub Nasrul Instruksikan Kepala Daerah di Sumbar Tanggap Hadapi Bencana

Wagub Nasrul Instruksikan Kepala Daerah di Sumbar Tanggap Hadapi Bencana

- Advertisement -

Covesia.com – Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit meminta kepala daerah baik Bupati ataupun Walikota cepat tanggap hadapi bencana di daerahnya masing-masing. Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri rapat siaga bencana antisipasi tingginya curah hujan di Sumbar di Istana Gubernur.

“Setiap terjadi bencana di daerah, baik bupati maupun walikota tidak begitu tanggap, menunggu dulu pejabat pemerintah, seharusnya kepala daerah langsung sigap dan nantinya masalah dana bantuan baru sampaikan ke kami, apa yang bisa kami bantu,” ungkap Nasrul kepada wartawan, Jumat (20/12/2019).

Lebih lanjut, Nasrul meminta kepala daerah lebih tanggap. Tak hanya itu, Bupati dan Walikota diinstruksikan menelusuri penyebab terjadinya bencana, apakah ilegal logging atau ilegal minning. “Kalau sudah jelas kita harus tegas,” ujarnya.

Ia menambahkan harus ada SOP sehingga tahu apa yang akan dilakukan selanjutnya dan siaga bencana terus menerus.

Wagub juga mengatakan setiap kali bencana hendaknya tim yang dibawa ke lokasi bencana lengkap.

“Hari Senin kepala BNPB dan BMKG akan datang ke Sumbar, akan melakukan sosialisasi bagaimana kesiapsiagaan kita untuk bencana,” jelasnya.

Selain itu, Nasrul menghimbau instasi terkait jangan hanya menumpuk pembangunan ini demi kepentingan bersama. “Kita lihat skala prioritas.

Setelah terjadi bencana, fasilitas harus diperbaiki,” ujarnya.

Ia juga menghimbau saat bencana minimalkan korban kalau bisa jangan pernah ada korban manusia. Di akhir wawancara wagub meminta Kabupaten dan kota harus siap, dan waspada kapan bencana.

(lia/adi)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -