Jelang Nataru, Forkopimda Mentawai Cek Kapal di Pelabuhan Tuapejat

Covesia.com – Dalam rangka operasi lilin singgalang 2019, Polres Kepulauan Mentawai bersama unsur Forkopimda melakukan pengecekan standar dan kelaikan alat angkut kapal seperti kapal Gambolo (ASDP) dan kapal Mentawai Fast.

“Kita berharap perayaan natal 2019 dan tahun baru 2020 aman terkendali sehingga terhindar dari hal-hal merugikan masyarakat,” ujar Wakapolres Mentawai, Kompol Maman Rosadi usai pemeriksaan kapal bersama unsur Forkopimda di dermaga Tuapejat, Jumat (20/12/2019).

Berdasarkan pengecekan tersebut, Kepala kantor SAR kelas B kepulauan Mentawai, Akmal menerangkan bahwa ada 4 hal yang menjadi perhatian petugas yaitu kesiapan navigasi, peralatan komunikasi, peralatan keamanan, dan jumlah angkutan tidak melebihi kapasitas.

“Kita cek emergency position indicating radio beacon (EPIRB) alat emergency jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti terbentur, tenggelam, terbakar, dan jika ditekan dalam keadaan darurat maka akan memancarkan sinyal emergency dan Basarnas sudah mengetahuinya,” kata Akmal.

Hasil dari pemeriksaan tersebut, kondisi EPIRB dalam keadaan bagus dan ia menyarankan jika kapal belum meregistrasi EPIRB di Basarnas agar mendaftarkannya dan tidak dipungut biaya serta akan dikirimkan formulirnya.

Selain itu tim Forkopimda melakukan pengecekan peralatan keamanan seperti life jacket (jaket penolong), liferaft (rakit penolong), dan  lainnya serta peralatan komunikasi.

Selanjutnya, Kompol Maman Rosadi mengatakan jika terjadi kelebihan kapasitas atau penumpang membludak maka pihaknya akan menginstruksikan, penumpang dari unsur TNI, Polri, dan PNS akan diturunkan.

“Masyarakat umum lebih diutamakan agar merasa aman dan nyaman dalam pelayarannya,” pungkasnya.

Kontributor: Kornelia Septin Rahayu

0 Comments

Leave a Comment

15 + 13 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password