Kenagarian Ampuan Lumpo yang Terparah Terdampak Banjir di Pessel

Covesia.com – Banjir akibat luapan Sungai Batang Lumpo, di Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) Kenagarian Ampuan Lumpo yang terparah terdampak banjir, ketinggian air di perkirakan sekitar 50-70 Cm.

Kepala BPBD Pessel Herman Budiarto melalui Kasi Kedaruratan Boy mengatakan, terdapat beberapa nagari terendam banjir akibat luapan sungai batang lumpo yang terjadi pada Selasa (24/12/2019) sore tadi.

“Informasi di lapangan ada tiga sampai empat nagari yang terendam banjir. Tetapi, yang terparah itu di Nagari Ampuan Lumpo,” sebutnya saat dihubungi Covesia.com

Ia menambahkan, di Kenagarian Ampuan Lumpo terdapat sekitar 32 unit rumah warga terendam banjir, dan ketinggian air mencapai sekitar 50-70 Cm. 

Selain rumah warga, banjir yang disebabkan luapan sungai lumpo juga merendam puluhan hektare sawah petani. 

“Yang terdampak banjir ada sekitar 42 KK, rumah warga yang terendam ada 32 unit rumah dan lahan persawahan petani sekitar 50 hektare,” ujarnya.

Ia menerangkan, luapan sungai batang lumpo di akibatkan tingginya intensitas hujan yang terjadi semenjak sore tadi sekitar pukul 15.00 WIB sampai kini pukul 21.30 hujan intensitas ringan masih mengguyur daerah tersebut.

“Luapan air mulai menggenangi rumah warga sekitar pukul 18.30 WIB dan sekarang air sudah mulai surut,” jelasnya.

Lanjutnya, saat ini tim BPBD Pessel, sedang melakukan evakuasi dan membantu warga menyelamatkan barang-barangnya dari genangan air.

“Selain dibantu oleh tim dan pihak nagari, sebagian warga telah melakukan evakuasi mandiri dan menyelamatkan barang-barangnya yang teredam banjir,” katanya

Lanjutnya lagi dikatakan, saat ini korban membutuhkan, kebutuhan mendesak. Seperti, makanan siap saji dan pelayanan kesehatan.

“Sekarang air sudah mulai sedikit surut dibandingkan Maghrib tadi,” katanya lagi.

Terkait intensitas hujan masih mengguyur sebagian wilayah Pessel, pihaknya dari BPBD mengimbau warga untuk tetap selalu waspada terhadap bencana banjir, longsor dan pohon tumbang.

“Karena intensitas hujan masih tinggi, kita imbau warga tetap waspada. Terutama untuk kawasan yang sering terjadi banjir, longsor dan juga pohon tumbang,” tutupnya.

Kontributor: Indrayen Putra

0 Comments

Leave a Comment

eighteen − one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password