Logo MTQ Nasional ke XXVIII Tahun 2020 Sumbar Tuai Banyak Kritik dari Warganet

Covesia.com – Kamis (26/12/2019) lalu Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menetapkan pemenang lomba desain logo MTQ Nasional ke XXVIII 2020 Sumbar. Logo tersebut tuai banyak kritik disebabkan mirip dengan logo yang telah ada sebelumnya alias plagiat.

Salah satu komentar warganet yakninya dengan akun @mhd.ikhlas ia menuliskan bahwa rekal Al-Quran nya nyomot dari logo MTQ Pidie Jaya 2012 dan di edit dikit biar beda, tulisan MTQ nya no komen .. Gambar mesjid raya mainin vektor dari yang ada..

Senada dengan mhd.ikhlas komentar dari akun @awy.bdr.bs point2 logonya bukan karya sendiri hasil dari comot sana comot sini saja cb aja cari di google logo MTQ banyak yg 100% sama dg  logo pemenang selamat ya, dikutip Covesia.com, Minggu (29/12/2019).

Selain memperdebatkan logo warganet juga menyayangkan dewan juri, karena tak adanya yang berlatar belakang orang dari desain grafis. Padahal di Sumbar banyak perguruan tinggi yang memiliki mata kuliah Desain grafis.

Seperti yang dikutip Covesia dengan nama akun @twemarcel semoga di tahun berikutnya jurinya ada yg diambil dari bidang  Desain Komunikasi Visual, amiin.

Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, diantara lima dewan juri sebagai tim penguji dan penilai tidak satu pun dari pakar desain, atau lulusan DKV. Padahal, sayembara ini diikuti peserta dari seluruh Indonesia.

Dari 355 karya yang masuk dari berbagai daerah di Indonesia hanya 5 desain yang lulus dan semuanya desainer dari Sumbar.

Salah satu juri, Ketua MUI Sumbar, Gusrizal Gazahar mengatakan, dari setiap logo setidaknya harus terdapat enam unsur.

Yakninya, keimanan, Al Quran sebagai pegangan hidup, kekuatan memegang lurus ruh Islam, kesadaran dalam menggunakan bahasa arab sehingga lebih menimbulkan kesadaran dalam mendalami Al-Quran, simbol Sumbar sendiri, yakni surau dan rumah adat yang tak bisa dipisahkan, dan warna yang ada dalam marawa.

“Dari 6 unsur tersebutlah kami bersama mencari dan menetapkan logo mana yang terbaik” ungkapnya.

(ila/don)

0 Comments

Leave a Comment

4 × one =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password