Dikukuhkan Sebagai Guru Besar UNP, Alwen Betri: Pentingnya Menyikapi Bencana Bagi Peserta Didik

Covesia.com – Universitas Negeri Padang mengukuhkan 4 Guru Besar antaranya, Prof. Dr. Kamal Firdaus M.Kes.AIFO di bidang ilmu fisiologi olahraga, Prof. Dr. Giatman, M.SIE di bidang ilmu Manajemen Proyek, Prof. Dr. Alwen Bentri, M.Pd, di bidang ilmu analisis dan pengembangan kurikulum, Prof. Dr. Ambiyar, M.Pd di bidang ilmu evaluasi pendidikan kejuruan.

Alwen Bentri, salah satu guru besar yang dikukuhkan hari ini membicarakan pentingnya menyikapi bencana bagi peserta didik. 

“Bencana biasanya memberikan banyak dampak buruk terhadap lingkungan, adanya korban jiwa dan lain sebagainya,” ungkap Alwen di Auditorium Universitas Negeri Padang, Senin (6/1/2019).

Lebih lanjut ia mengatakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk adanya mitigasi belum berdampak besar bagi masyarakat.

Untuk penyelamatan diri dan orang lain ketika terjadi bencana gempa bumi misalnya seseorang harus memiliki pengetahuan, nilai dan sikap keterampilan dasar tentang tindakan praktis dan normatif.

Ia menilai penting adanya mata pelajaran muatan lokal berbasis bencana bagi peserta didik.

“Antaranya yang penting diajarkan ialah memberikan bekal pengetahuan agar memiliki kesadaran sehingga dampak dari bencana bisa dijurangi,” jelasnya.

Dengan adanya kurikulum tentang kebencanaan peserta didik akan akrab dengan bencana. Kurikulum berbasis bencana yang dikenal dengan Master of Disaster itu dapat membantu guru memasukkan instruksi tentang keselamatan bencana ke dalam mata pelajaran.

(ila/nod)

0 Comments

Leave a Comment

two + seven =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password