Dampak Covid-19, Dukcapil Bukittinggi Buka Layanan Online

Covesia.com – Dampak wabah Covid-19, dinas kependudukan dan pencatatan sipil Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) membuka layanan online via aplikasi whatsApp dan Telegram. 
“Terhitung 26 Maret 2020 sejak Walikota mengumumkan adanya warga kota yang positif Covid-19, maka Dukcapil Bukittinggi mengambil kebijakan untuk meniadakan sementara pelayanan tatap muka,” kata Sekretaris Dukcapil Bukittinggi, Tuti Hidayati, Jumat (3/4/2020).

Ia mengatakan informasi tersebut sudah ditempel di kantor kelurahan dan kantor camat yang ada di Bukittinggi serta pengumuman melalui media sosial. 

Bagi warga yang belum mengetahui pengumuman tersebut dan sudah terlanjur datang ke Dukcapil Bukittinggi untuk pengurusan BPJS dan Pendidikan, petugas tetap memberikan pelayanan kepada warga tersebut. 
Sejak dibukanya layanan online tersebut, pihaknya menyebut bisa melayani 30 permohonan namun tidak dibatasi kuata sesuai jam kerja. 

“Kita tidak membatasi kuata pelayanan online ini, namun jumlah pelayanan menurun dibandingkan sebelum adanya wabah Corona,” sebutnya. 

Sementara itu, kepala bidang pengelolaan siak dan pemanfaatan data, Dukcapil Kota Bukittinggi, Jon Yosnedi, menerangkan bagi warga yang ingin melakukan pengurusan administrasi kependudukan bisa langsung mengirim permohonan layanan melalui dua aplikasi tersebut di nomor 082285860023.

“Dalam aplikasi itu, warga dan petugas akan saling berkomunikasi terkait kebutuhan pemohon. Nantinya petugas akan meminta pemohon untuk mengirimkan sejumlah data yang diperlukan untuk kepengurusan yang diperlukan,” terangnya. 

Selanjutnya, sambung Jon, setelah petugas menerima sejumlah berkas dan data dari pemohon, akan dilakukan administrasi terlebih dahulu. Jika sudah lengkap petugas akan memproses dokumen pemohon. 

“Sebelum dicetak nantinya pemohon akan diminta untuk memberikan tanda tangan elektronik. Dan untuk hasil dokumen, bisa dicetak langsung oleh pemohon yang dikirim langsung melalui aplikasi itu atau menjemput ke kantor Dukcapil Bukittinggi,” jelasnya. 

(deb) 

0 Comments

Leave a Comment

5 × five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password