- Advertisement -
BerandaArchipellagoDPRD Kabupaten Pasaman Salurkan APD ke Tenaga Medis

DPRD Kabupaten Pasaman Salurkan APD ke Tenaga Medis

- Advertisement -

Covesia.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat menyalurkan bantuan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) kepada tenaga medis.

Anggota DPRD Kabupaten Pasaman dari Fraksi PKB, Welly Suhery mengatakan bantuan itu disalurkan atas prihatinnya keluhan tenaga medis yang bertugas sampai saat ini belum ditopang APD yang lengkap.

“Sudah mendengar dan melihat langsung khususnya tenaga medis yang bertugas di Puskesmas belum memakai APD yang berkualitas standar. Mereka memilih membeli mantel hujan plastik sebagai APD. Ini jelas tidak aman dan sangat berbahaya dengan tugasnya sebagai garda terdepan penanganan Covid-19,” ungkap Welly Suhery, Jumat (3/4/2020).

Welly Suhery mengatakan sudah menyalurkan sepuluh set APD kepada tenaga medis di Puskesmas Lubuk Sikaping.

“Sepuluh set ini saja sudah cukup lama kita pesan, dan seharusnya sudah sampai pekan lalu. Namun nyatanya baru Rabu (1/4) kemaren diterima. Saya yakin 10 APD yang ada sekarang masih kurang, dan mudah-mudahan tambahan yang sudah kita pesan, bisa sampai dalam waktu yang tidak terlalu lama,” kata Welly Suhery.

Ia menambahkan, bahwa saat ini juga sudah memesan tambahan 25 set APD yang nantinya bakal dibagikan kepada Bidan desa setempat.

“Rencananya, tambahan APD akan kita distribusikan langsung kepada masing-masing Bidan yang bertugas di Kecamatan Lubuk Sikaping, serta sebagian lainnya untuk petugas medis di Puskesmas Sundatar,” katanya.

Wely Suhery menyampaikan peran aktif dokter, perawat dan para medis, begitu besar dan sangat diharapkan dalam penanganan wabah Covid-19. 

Apalagi ditengah kondisi bangsa maupun dunia intersional yang tengah berperang melawan Covid-19. Yang berada di garda terdepan “perperang” ini adalah dokter dan tenaga kesehatan, dengan taruhan nyawa dalam pengabdianya. 

“Jadi sangat wajar dalam situasi ini, petugas kesehatan mendapat perhatian utama. Karena memang merekalah yang berada di garis terdepan,” tegasnya.

Anggota DPRD lainnya dari Fraksi Gerindra, Rahmi Wahidah mengungkapkan juga sudah memesan 25 set APD yang bakal dibagikan kepada para tenaga medis.

“Kami merasa prihatin ditengah tingginya kekuatiran masyarakat akan wabah Covid-19 nyatanya para tenaga medis kita belum ditopang APD yang lengkap. Semoga ini nantinya bermanfaat khsususnya bagi tenaga medis,” kata Rahmi Wahidah.

Rahmi Wahidah mengaku sangat prihatin akan lambannya sikap Pemkab setempat dalam pemenuhan perlengkapan khususnya APD bagi tenaga medis dalam penanganan Covid-19.

“Semestinya saat ini mereka sudah lengkap dengan APD agar mereka nyaman dan siap menangani pasien. Kalau kondisi ini berlarut jelas sangat beresiko bagi diri mereka sendiri,” tutupnya.

(hri)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -