Agar Masyarakat Lebih Disiplin, Irwan Minta Ada Ranperda Normal Baru

Covesia.com – Angka kasus positif Covid-19 di Sumatra Barat memang tidak merata. Kadang di bawah 10, kadang mencapai belasan di minggu awal bulan ini. Namun demikian, Gubernur Sumbar mengatakan yang penting bisa dikendalikan.

“Kita belum bisa mengatakan naik turun karena yang penting bisa mengendalikan Covid-19. Jika menihilkan itu harus ada obatnya, atau orang yang berpergian gak boleh bepergian,” ungkap Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno kepada wartawan, Senin (6/7/2020). 

Lebih lanjut dikatakan Irwan, dikendalikan melalui testing dan tracking. 

“Yang kita hindari adalah tidak jelas siapa yang terkena, kemana perginya, nggak tahu yang terpapar. Itu yang kita hindari, Sumbar tidak begitu. Mau nambah 10, 15 asal terkendali gak masalah,” tambahnya.

Saat ini, pemerintah terus berusaha mengurangi angka positif hingga di bawah 10. 

“Testing diperbanyak, tracking dimantapkan, isolasi dan karantina, kemudian sosialisasi edukasi tetap kita lakukan ke masyarakat pakai masker, dan sebagainya. Untuk perbatasan kita tetap jaga dengan pengawasan selektif,” jelasnya.

Irwan menilai masyarakat belum disiplin, tempat umum juga belum disiplin, wisata, restoran, hotel dan sebagainya. Kalau mereka disiplin dengan protokol kesehatan kasus akan terus berkurang. 

“Maka dari itu kami mendesak untuk adanya Ranperda normal baru ini ada sanksi bagi yang melanggar mudah-mudahan efektif,” katanya. 

(ila/rdk)

0 Comments

Leave a Comment

seventeen − 4 =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password