Ratusan Tokoh Sumbar Deklarasikan KAMI di Padang

Covesia.com – Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) resmi dideklarasikan oleh ratusan tokoh Sumatera Barat, Kamis (27/8/2020). Deklarasi ini ditujukan untuk menyelamatkan Indonesia yang sekarang dinilai bangsa Indonesia tengah dilanda krisis moral.

Deklarasi yang digelar di Hotel Rangkayo Basa, Kota Padang, Sumatera Barat ini dihadiri tokoh dari kalangan agama, pengusaha, mahasiswa, akademisi dan politik.

Koordinator Deklarasi KAMI Sumatera Barat, Solsafat menuturkan deklarasi KAMI ini ditujukan untuk menegakkan kembali moral kejujuran dan keadilan. 

“Gerakan KAMI yang dideklarasikan di Kota Padang saat ini merupakan gerakan intelektual. Kita semua sadar bahwa di Sumatera Barat ini banyak diisi oleh orang-orang intelektual. Jadi KAMI hadir di Sumbar ini untuk mengembalikan moral bangsa yang telah rusak seperti saat ini,” Sebut Solsafat kepada Wartawan

Gerakan intelektual yang dimaksud Solsafat ini berupa gerakan yang mengedepankan semangat dialog, diskusi dan seminar. Nantinya, masyarakat akan dihadirkan bagaimana cara mencerdaskan EQ dan IQ. 

“Untuk itu, perlu dorongan batin dan kejujuran agar keharmonisan dan berkehidupan maupun berbangsa bisa harmonis. Jadi perilaku untuk tidak jujur, memperdaya orang lain maupun memperkaya diri sendiri bisa diminimalisir,” ucapnya.

Kajian-kajian yang nanti dibahas oleh KAMi adalah kajian sosial, hukum, agama, budaya dan ekonomi. Dengan begitu masyarakat tahu bagaimana tatanan kehidupan sesuai aturan dan berbangsa.

“Secara otomatis, akan tercipta nanti nasionalisme dan kehidupan yang serasi antar sesama,” katanya.

Solsafat juga menekankan gerakan maupun arah KAMI ini tidak tertuju kepada politik. Jikalau ada tokoh politik ikut dalam gerakan KAMI, hal tersebut tidak diharamkan. Pasalnya, banyak juga tokoh politik yang cerdas dan tulus untuk bangsa dan negara.

“KAMI tidak akan berubah arah kepada politik maupun tujuan politik. Walaupun ada tokoh politik, itu sah-sah saja karena banyak tokoh politik yang cerdas dan tulus dalam berbangsa dan bernegara,” tutupnya. 

Kedepannya, gerakan KAMI ini akan dirancang bisa aktif hingga tingkat desa dan nagari di seluruh Sumbar.

(agg/don) 

0 Comments

Leave a Comment

4 + thirteen =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password