BerandaHeadlineJudoka Asal Sudan Ini Tolak Bertanding Lawan Israel di Olimpiade 2020 Jepang

Judoka Asal Sudan Ini Tolak Bertanding Lawan Israel di Olimpiade 2020 Jepang

- Advertisement -

Covesia.com – Olimpiade 2020 menghadirkan cerita menarik nan kontroversial saat Judoka asal Sudan, Mohamed Abdalrasool, menolak bertanding dengan lawannya yang dari Israel, Tohar Butbul.

Gelaran Olimpiade 202 diharapkan mengesampingkan nuansa politis di antara negara-negara peserta. Namun tetap saja, unsur politis masih muncul di antara pesertanya.

Pertama kali nuansa politis lahir di Olimpiade 2020 saat Judoka asal Aljazair, Fethi Nourine, menolak bertanding dengan Tohar Butbul.

Penolakan Nourine sendiri sebagai bukti dukungannya terhadap Palestina. Ya, seperti diketahui belum lama ini terjadi konflik antara Israel dengan Palestina.

Penolakan yang Nourine lakukan pun dilanjutkan oleh Mohamed Abdalrasool yang tak lain lawan pertamanya di cabang olahraga Judo di nomor 73 kilogram.

Abdalrasool pun ternyata memilih Walk Out saat dijadwalkan bertemu Butbul di babak 32 besar. Tim dari Judoka asal Sudan mengklaim atletnya tersebut mengalami cedera bahu.

Dilansir dari Suara.com, banyak yang menduga bahwa Judoka berusia 28 tahun ini juga akan mendapat hukuman dari International Judo Federation (IJF), layaknya Nourine.

Sebelumnya, IJF telah menjatuhkan sanksi kepada Nourine berupa skorsing, izin bertanding yang ditangguhkan, hingga dipulangkan ke Aljazair.

Hingga saat ini, pihak Sudan maupun IJF belum buka suara terkait tak munculnya Mohamed Abdalrasool saat harus bertanding melawan Tohar Butbul.
(Suara.com)

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -