Perlukah Bayi Baru Lahir Menggunakan Bedong Sepanjang Hari?

Covesia.com – Membedong bayi baru lahir sudah menjadi tradisi sejak zaman dahulu, karena cara ini dipercaya mampu membuat bayi merasa lebih nyaman dan tidur lebih nyenyak. Sebagian bayi baru lahir bahkan menggunakan bedong sepanjang hari, meskipun tidak sedang tidur. Apakah hal ini perlu?

Membedong bayi baru lahir dilakukan dengan membalut tubuh bayi, mulai dari bahu hingga kakinya, menggunakan kain bedong (lampin). Saat bayi dibedong, hanya leher dan kepalanya yang tidak tertutup kain. Tujuan membedong bayi adalah agar ia merasa hangat dan terlindungi seperti saat dipeluk erat atau sewaktu berada di rahim ibu.

Bunda Tidak Perlu Membedong Bayi Sepanjang Hari

Dikutip dari alodokter.com, Jumat (12/2/2021), bayi baru lahir memiliki gerakan refleks yang kadang muncul tiba-tiba dan membuat bayi terkejut atau terbangun saat tidur. Nah, membedong bayi dianggap bisa mencegah bayi terkejut akibat gerakannya sendiri, sehingga ia bisa tidur lebih tenang dan lebih lama.

Meski begitu, tidak dianjurkan untuk membedong bayi sepanjang hari, ya, Bun. Ketika dibedong, kedua kaki bayi berada dalam posisi lurus dan rapat. Hal ini bisa menyebabkan tulang panggul bayi bergeser jika bedong dipasang seharian, terlebih jika bedongnya terlalu kencang.

Bahaya lainnya adalah sudden infant death syndrome (SIDS) atau sindom kematian bayi mendadak. Risiko terjadinya SIDS akan meningkat jika bayi yang dibedong berguling ke posisi tengkurap saat tidur. Selain itu, bedong juga bisa membuat bayi sesak dan kepanasan.

Kapan Waktunya Berhenti Membedong Bayi?

Penggunaan bedong sebaiknya dihentikan saat bayi sudah mulai bisa berguling, membalikkan badan, dan belajar untuk tengkurap. Biasanya, kemampuan ini mulai tampak di usia 2 bulan dan semakin berkembang di usia 4–6 bulan.

Bedong juga sebaiknya tidak digunakan di siang hari dan di saat bayi terlihat ingin banyak bergerak. Ini bisa membantu bayi untuk membedakan siang dan malam, sehingga pola tidurnya akan semakin cepat mengikuti pola tidur Bunda.

Jika Si Kecil sedang demam, hindari penggunaan bedong karena akan mengungkung panas tubuhnya dan memperlambat turunnya demam.

Dengan dibedong, bayi memang lebih tidak rewel dan bisa tidur lebih pulas. Namun, membedong bukanlah satu-satunya cara untuk membuat bayi nyaman dan tidur dengan nyenyak.

Ada cara-cara lain yang bisa Bunda lakukan untuk menenangkan Si Kecil, seperti menggunakan empeng, menciptakan suasana kamar yang tenang dan nyaman, serta mengatur suhu kamar yang pas agar Si Kecil tidak kepanasan atau kedinginan.

Jadi, sekarang Bunda sudah tahu, kan, bahwa membedong bayi baru lahir sepanjang hari itu tidak dianjurkan? Selain bisa berbahaya, membedong bayi terus-menerus juga membuatnya tidak bisa bergerak bebas dan tidak nyaman, lho.

Untuk mencegah bahaya akibat bedong bayi, pastikan Bunda membedong Si Kecil dengan cara yang aman. Bila masih bingung bagaimana caranya, jangan ragu untuk bertanya kepada bidan atau dokter, ya, Bunda.

(lif)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password