Pungli Parkir Masih Marak di Kawasan Wisata Pessel, Dinas Terkait Diminta Bertindak Tegas

Covesia.com – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) meminta Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata di daerah itu untuk menindak praktik pungli parkir di beberapa kawasan wisata yang ada. 

Sekretaris Komisi III DPRD Pessel, Pardis mengatakan, masih maraknya pungli parkir ditemukan langsung oleh DPRD setempat saat melakukan tinjauan lapangan di kawasan Pantai Carocok Painan beberapa hari lalu.

“Praktik pungli parkir di kawasan wisata carocok Painan, dilakukan oleh sejumlah pemuda,” sebutnya ditulis Sabtu (20/2/2021). 

Terkait pungli parkir di kawasan wisata Carocok Painan, pihaknya dari Komisi III meminta pemerintah daerah melalui dinas terkait, untuk segera menindak tegas praktik pungli di kawasan wisata. 

Sebab, menurutnya, jika tidak segera ditangani dan dibiarkan. Itu bisa memicu kurangnya tingkat kunjungan wisatawan ke Pessel. 

“Kita minta Dinas Perhubungan dan Dinas Pariwisata berkoordinasi mengatasi pungli parkir di kawasan wisata. Sebab, kondisi ini sangat berpengi terhadap rasa aman dan kenyamanan wisatawan berwisata ke Pessel,” katanya. 

Sementara itu, Novermal Yuska Anggota Komisi III juga menanggapi hal tersebut, dirinya sangat menyayangkan adanya pungli yang dilakukan oleh pemuda di kawasan sekitar. 

Kendati demikian, tambahnya, untuk itu dinas perhubungan dan pariwisata mencarikan solusi lain bagi pemuda yang terlibat dalam praktik pungli parkir. 

“Pungli harus ditindak, kalau pelakunya dari unsur pemuda. Pihak dinas harus mencarikan solusi lain. Nantinya, akan kita bantu melalui DPRD,” katanya. 

Selain itu, ia menyampaikan untuk melengkapi beberapa fasilitas umum demi kenyamanan wisatawan saat berkunjung ke Pessel. 

“Dinas harus menyiapkan anggaran untuk penambahan fasilitas dikawasan wisata seperti, ruang tunggu bagi pengunjung, toilet dan kamar mandi serta beberapa fasilitas lainnya yang diras perlu,” pungkasnya.

(idy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password