Tradisi Seba Banten Masuk Kalender Pariwisata Nasional

Banten -Tradisi Seba yang merupakan tradisi asli suku baduy Banten akan masuk dalam kalender pariwisata nasional tahun 2015 mendatang.

Tradisi Seba Baduy merupakan persembahan dari rakyat suku baduy di Banten yang memberikan berbagai hasil bumi kepada pemerintah setempat.

“Tahun 2015 akan masuk dalam kalender pariwisata nasional. Acara ini dilakukan setiap tahunnya” ujar Yemmelia, Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Banten kepada Covesia.com, Selasa (12/11/2014) di Serang.

Menurut Yemmelia, selama ini tradisi Seba diikuti ribuan orang dari suku baduy luar dan baduy dalam. Khusus suku baduy dalam, bisa berjalan kaki hingga tiga hari untuk mencapai lokasi acara di pendopo gubernur Banten.

Sebelum merayakan Seba baduy, penduduk suku asli di Banten itu menjalani puasa kawalu sekitar tiga bulan.

“Wisatawan yang datang tidak saja dari dalam negeri, tapi juga luar negeri. Suku baduy dalam masih mempertahankan nilai luhur dan kearifan lokal” jelas Yemmelia.

Hingga saat ini, lanjut Yemmelia, baduy dalam tidak terkontaminasi kemajuan teknologi. Mereka tidak menggunakan alat elektronik dan alat yang menggunakan listrik. (gus/lif)

0 Comments

Leave a Comment

1 × five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password