Singkong Kaya Karbohidrat dan Mudah diolah

Singkong Kaya Karbohidrat dan Mudah diolah Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com -  Di Indonesia, daun dan umbi singkong menjadi bahan dasar makanan yang dicari banyak orang. Singkong  memberikan efek kenyang dengan cepat, karena kaya karbohidrat. Di sejumlah daerah di tanah air singkong diolah menjadi pengganti nasi. Singkong dapat direbus atau digoreng, bahkan diolah menjadi tepung.

Ada beragam olahan singkong yang lainnya dengan cita rasa lezat. Berikut ini beberapa olahan makanan dari singkong yang menarik diketahui.

Gethuk

Gethuk salah satu olahan makanan dari singkong yang memiliki cita rasa manis. Di antara jajajan tradisional lainnya, gethuk ini bisa dibilang sangat populer. Bahkan, nama gethuk dijadikan sebagai judul lagu.

Cara membuat gethuk terbilang mudah. Jadi, singkongnya direbus dulu, lalu ditumbuk hingga halus. Umumnya, gethuk disajikan bersana sedikit parutan kelapa. Gethuk sangat populer di Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Tiwul

Olahan dari singkong berikutnya yaitu tiwul. Diketahui, tiwul ini makanan khas dari daerah Gunungkidul. Tiwul bahan utamanya tepung gaplek. Tepung gaplek sendiri adalah singkong yang dikeringkan kemudian ditumbuk. Makanan ini memiliki cita rasa manis

Combro

Combro juga salah satu makanan yang terbuat dari singkong. Diketahui, combro ini kepanjangan dari "oncom di jero" yang berarti oncom di dalam. Makanan khas Sunda ini terbuat dari singkong parut yang diisi oncom, kemudian digoreng.

Tape

Tape atau peuyeum ini makanan adalah berbahan singkong yang difermentasi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, biasanya pembuatan tape singkong menggunakan ragi untuk bahan fermentasi. Hal itu berguna agar tekstur singkong menjadi lembut, manis, dan sedikit asam.

Nah, demikian informasi mengenai makanan dari singkong yang bercita rasa lezat. Selain makanan yang disebutkan di atas, ada banyak olahan singkong lainnya yang bisa kamu coba, antara lain cenil, lemet, sawut, kue mata roda, dan lain sebagainya.

Berita Terkait

Baca Juga