Sederet Makanan yang Mengandung Nutrisi Alami untuk Si Kecil

Covesia.com – Memberikan makanan yang mengandung nutrisi alami kepada anak sangatlah penting, karena nutrisi ini memiliki peranan yang luar biasa dalam proses pencernaannya untuk tumbuh kembang anak. Ketahui apa saja makanan sumber nutrisi alami yang perlu Bunda berikan kepada Si Kecil setiap hari.

Makanan yang mengandung nutrisi alami adalah segala jenis makanan yang diperoleh langsung dari alam, baik berupa sayur, buah, kacang-kacangan, gandum utuh, atau daging dan ikan.

Makanan jenis ini dipercaya lebih sehat daripada makanan olahan. Oleh sebab itu, makanan yang mengandung nutrisi alami sangat disarankan untuk diberikan kepada anak.

Manfaat Nutrisi Alami untuk Pencernaan dan Pertumbuhan anak
Nutrisi alami terbagi menjadi dua jenis, yaitu makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien terdiri dari protein, karbohidrat, dan lemak, sedangkan mikronutrien terdiri dari vitamin dan mineral.

Semua zat gizi tersebut dibutuhkan untuk kesehatan dan tumbuh kembang anak. Itulah sebabnya, Bunda perlu memberikan Si Kecil makanan bergizi seimbang. Artinya, memberikan beragam jenis makanan yang mengandung semua jenis nutrisi dalam porsi yang tepat.

Pilihlah makanan dengan kandungan nutrisi alami, karena makanan ini tidak mengandung bahan tambahan (zat aditif), seperti pengawet, pewarna, atau pemanis buatan, yang biasanya ada di dalam makanan olahan.

Selain lebih sehat, makanan bernutrisi alami juga lebih mudah dicerna oleh tubuh anak, sehingga nutrisi yang terkandung di dalamnya dapat diserap secara optimal.

Berikut adalah beberapa pilihan makanan yang mengandung nutrisi alami beserta manfaatnya:

1.Buah dan sayur
Sejak memperoleh MPASI, anak sudah boleh diperkenalkan dengan buah dan sayur. Buah-buahan dan sayur-sayuran mengandung serat, vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat penting bagi kesehatan anak.

Makan buah dan sayur setiap hari dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak, melancarkan pencernaannya, serta menjauhkan anak dari berbagai penyakit, seperti diabetes dan obesitas.

Bunda dapat memberiksan buah secara langsung kepada Si Kecil atau diolah terlebih dahulu menjadi salad atau jus, sedangkan sayur-sayuran mungkin lebih nikmat bila diolah menjadi aneka tumisan atau sayur berkuah.

2. Kacang-kacangan
Aneka jenis kacang, seperti kacang tanah, kacang merah, kacang almond, kedelai, dan kacang mete, adalah sumber protein nabati yang baik untuk anak. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung folat, magnesium, serat, zinc, kalsium, dan kalium. Makanan olahan dari kedelai, seperti tahu dan tempe, juga baik untuk anak.

Konsumsi kacang secara rutin dapat membantu mengontrol berat badan dan kadar kolesterol, melancarkan pencernaan, menguatkan tulang, serta mendukung tumbuh kembang anak.

Meski demikian, kacang juga bisa menimbulkan reaksi alergi pada sebagian anak. Oleh karena itu, sebelum memberikan kacang kepada Si Kecil, pastikan ia tidak memiliki alergi terhadap kacang, ya, Bun. Selain itu, berikan kacang dengan tekstur sesuai usia Si Kecil, agar ia tidak tersedak saat makan kacang.

3. Gandum utuh
Roti gandum, sereal, dan oatmeal yang terbuat dari gandum utuh sangat baik dikonsumsi oleh anak. Pasalnya, makanan ini kaya akan serat dan mengandung beragam nutrisi alami, seperti vitamin B, zat besi, magnesium, dan selenium.

Berkat kandungan serat dan nutrisi alami tersebut, Si Kecil dapat terhindar dari berbagai penyakit, seperti kanker usus, penyakit jantung, dan diabetes.

4. Biji-bijian
Beragam jenis biji-bijian, seperti chia seeds dan biji bunga matahari, sangat baik untuk dikonsumsi oleh anak. Kandungan serat, zat besi, fosfor, vitamin E, magnesium, dan folat pada biji-bijian bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak.

Selain itu, antioksidan yang terkandung dalam biji-bijian dapat menangkal efek radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh anak. Dengan memberikan berbagai nutrisi alami dari biji-bijian, kondisi kesehatan Si Kecil bisa lebih terjaga dan tumbuh kembangnya pun akan lebih optimal.

5. Ikan

Ikan, seperti ikan mas, lele, tuna, dan salmon, merupakan sumber protein hewani yang baik untuk dikonsumsi oleh anak. Selain itu, ikan juga kaya akan asam lemak omega-3 dan omega-6, yang sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan anak, serta mendukung kinerja sistem saraf dan penglihatannya.

6. Telur
Makanan yang juga mengandung nutrisi alami adalah telur. Telur kaya akan protein, lemak, kolin, beragam vitamin, serta lutein dan zeaxanthin.

Di samping sebagai sumber energi, telur juga baik untuk kesehatan tubuh anak. Selain itu, mengonsumsi telur dapat membuat Si Kecil merasa kenyang lebih lama, sehingga mengurangi minatnya untuk makan camilan yang tidak sehat.

Namun, sebelum memberikan telur kepada Si Kecil, pastikan telur sudah dalam keadaan matang, ya, Bun. Hal ini karena telur mentah atau setengah matang berisiko mengandung bakteri Salmonella yang bisa menyebabkan anak keracunan makanan.

Beragam makanan yang mengandung nutrisi alami di atas baik untuk diberikan kepada anak setiap hari. Bunda bisa mengolahnya menjadi beragam jenis makanan yang lezat dan menarik untuk Si Kecil.

Meski begitu, kadang tidak semua makanan bisa atau mau dikonsumsi oleh anak, apalagi bila anak sedang susah makan atau suka memilih-milih makanan (picky eater).

Jika Si Kecil suka pilih-pilih makanan, ia lebih berisiko mengalami kekurangan gizi, lho, Bun. Nah, untuk mencukupi asupan nutrisi Si Kecil, Bunda bisa memberikan susu formula yang mengandung nutrisi alami. Namun, ingat, peran susu ini hanya sebagai pelengkap, bukan untuk menggantikan makanan utama, ya, Bunda.

Bila Bunda khawatir Si Kecil kurang gizi, misalnya ketika berat badannya tidak naik atau tubuhnya terlihat kurus, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan pola makan yang sesuai untuknya. Jika memang perlu, dokter akan memberikan suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi Si Kecil.

(lif)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password