Kadis Kesehatan Sumbar: Pelaksanaan Vaksinasi Lansia di Sumbar Masih Rendah

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Arry Yuswandi (Foto: Laila)

Covesia.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumbar, Arry Yuswandi mengatakan pelaksanaan vaksinasi di Sumatera Barat masih rendah. Dari 400.272 orang lansia yang terdata hanya 6.400 lansia yang sudah vaksinasi. 

“Jumlah lansia kita yang terdata ada 400.274 jiwa. Yang baru tervaksin 6400. Ini cakupan sangat rendah,” ungkap Arry saat rapat dengan Gubernur, Forkopimda dan kepala daerah sesumbar, Senin (12/4/2021). 

Lebih lanjut dikatakan Arry kepada bupati walikota se Sumbar agar ke depan bisa mendorong  jajaran kesehatan untuk memprioritaskan lansia.

Tak hanya itu, Arry juga menyampaikan bahwa hingga kemarin 11 april 2021, jumlah kasus aktif 1.489 orang. Kasus positif kemarin sebanyak 114.

Kasus meninggal 1 dan sembuh 92 orang. Ini kondisi di Sumbar.

“Hasil evaluasi zonasi kita terakhir, Sumbar kembali di zona Oranye. Ada 9 zona kuning, 9 orange dan 1 Kabupaten di zona merah. Tingkat kewaspadaan perlu kita tingkatkan apalagi dengan adanya zona merah di Sumbar,” tambahnya. 

Ketika terjadi kasus positif, seharusnya selama 2 kali 24 jam atau paling lama 72 jam harus dilakukan ditesting pada yang kontak dengan pasien positif. 

“Sementara terkait Kabupaten 50 Kota dengan zona merah sudah bisa dilakukan PPKM berskala mikro. Atau pemberlakuan pembatasan di Nagari atau desa yang terjadi penyebaran covid-19 secara lokal,” tukasnya. 

(ila)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password