6 Kampus Terbaik di Jogja

Ilustrasi: .freepik.com

Covesia.com – Jogja dikenal sebagai Kota Pelajar. Bukan tanpa sebab, hal ini karena semua orang tahu dan setuju jika di Jogja banyak sekali kampus tempat belajar. Tak sampai di situ saja, kampus-kampus ini juga memiliki akreditasi dan kualitas yang bagus. Itu juga yang menjadi sebab kenapa para pelajar dari berbagai daerah datang berbondong-bondong untuk melanjutkan sekolahnya di Jogja.

Kampus mana saja sih yang memiliki kualitas dan akreditasi yang bagus? Ini dia!

1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

Universitas Gadjah Mada atau disingkat UGM merupakan kampus paling favorit di Jogja. Tak hanya favorit, tetapi memang yang terbaik. Tak hanya di Jogja, UGM juga masuk jajaran universitas terbaik di Indonesia. Ah ya, UGM ini merupakan salah satu universitas tertua di Indonesia, lho. Soalnya, kampus ini berdiri sejak tahun 1949.

UGM memiliki 18 fakultas, satu sekolah pascasarjana, dan satu sekolah vokasi. Masing-masing fakultas terdiri atas departemen yang berisi program studi. Dari BAN PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi), secara institusi, UGM mendapatkan peringkat A. Dan hampir semua program studinya juga memperoleh akreditasi A. Program-program studi favorit di UGM itu di antara adalah Pendidikan Dokter, Teknik, Akuntansi, dan Manajemen.

2. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

Universitas Negeri Yogyakarta atau yang biasa disingkat sebagai UNY juga masuk ke dalam barisan kampus terbaik di Jogja. Universitas yang berdiri sejak 21 Mei 1964 ini sebelumnya bernama IKIP Yogyakarta. Betul, universitas ini memang lebih dikenal sebagai sekolahnya para calon guru di Indonesia. Walaupun pada kenyataannya ada juga program studi yang non kependidikan.

Universitas Negeri Yogyakarta memiliki 8 fakultas. Yakni Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Fakultas Ekonomi (FE), Fakultas Teknik (FT), Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK), dan Program Pascasarjana (PPs). Secara institusi, dari BAN PT UNY mendapatkan akreditasi A. Ada pun hampir semua program studi di UNY juga sudah terakreditasi A. Adapun program studi favorit di UNY itu antara lain adalah PGSD, Pendidikan Matematika, dan Pendidikan Teknik Informatika.

3. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN SUKA)

UIN Sunan Kalijaga, yang berdiri sejak  26 September 1951, juga masuk ke dalam salah satu kampus terbaik di Yogyakarta. Kampus yang berada di perbatasan kota Yogyakarta dan kabupaten Sleman ini memiliki 8 fakultas dan 1 sekolah pascasarjana. Secara institusi, dari BAN PT, UIN SUKA sudah terakreditasi A. Dan hampir semua program studinya juga sudah memperoleh predikat yang sama, yaitu akreditasi A.

4. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

Jika 4 urutan kampus terbaik sebelumnya meruapakan perguruan tinggi negeri, maka yang ke-5 diraih oleh kampus swasta. Ya, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta atau UMY berada di posisi itu. Kampus yang berdiri sejak 1 Maret 1981 ini memiliki 9 Fakultas dan Program Pascasarjana. Secara institusi, dari BAN PT, UMY juga sudah terakreditasi A. Serta hampir semua program studinya sudah memperoleh predikat terbaik pula, yaitu akreditasi A. Program studi favorit di kampus ini adalah Kedokteran Umum dan Kedokteran Gigi.

5. Universitas Sanata Dharma (USD)

Universitas Sanata Dharma banyak disebut sebagai USD. Seperti halnya UMY, USD juga adalah salah satu universitas swasta terbaik di Yogyakarta. Saat ini kampus USD memiliki 5 Kampus, yang terdiri atas 7 fakultas dan satu program pascasarjana. Secara institusi, dari BAN PT, USD pun telah terakreditasi A. Dan hampir semua program studinya memperoleh predikat terbaik pula. Program studi yang terkenal dan difavoritkan di USD di antaranya adalah Farmasi, Psikologi, dan Akuntansi.

6. Universitas Islam Indonesia (UII)

Universitas Islam Indonesia yang banyak disebut sebagai UII juga masuk ke dalam jajaran perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia. Universitas yang berdiri sejak 8 Juli 1945, dulunya bernama Sekolah Tinggi Islam (STI). Dan dulunya berlokasi di Jakarta. Universitas Islam Indonesia terdiri atas 8 fakultas dan satu program internasional. Seperti halnya kampus terbaik lain, secara institusi, dari BAN PT, UII sudah terakreditasi A. Dan hampir semua program studinya pun memperoleh predikat terbaik pula.

Itu dia 6 kampus terbaik yang ada di Jogja. Berencana melanjutkan sekolah ke salah satunya? Cek harga tiket murah di sini untuk bisa langsung mencari tahu ke sana. Siapa tahu, salah satunya memang kampus yang tepat.

Disiplin selalu dalam protokol kesehatan ya. Supaya kita tetap sehat, perjalanan nyaman, dan segalanya menjadi lancar!

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password