Papua Siapkan Ahli Medis Antisipasi Ebola

Jayapura – Dinas Kesehatan Provinsi Papua mulai menyiapkan ahli medis untuk menangani Mers atau virus Ebola yang mungkin saja menyebar di provinsi tertimur Indonesia.

“Memang belum ada ‘suspect’ Ebola di sini (Papua), tapi langkah antisipasi sejak dini juga penting terkait kesiapan tenaga dan obat-obatan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Papua drg Aloysius Giyai, di Jayapura, Selasa (11/11/2014) seperti yang dirilis covesia.com.

Ia mengatakan, antisipasi penyebaran Ebola merupakan tanggung jawab semua pihak terutama bidang pengendali masalah kesehatan masyarakat yang ada di dinas kesehatan provinsi dan kabupaten/kota.

Karena itu, Aloysius memilih meningkatkan koordinasi agar ada langkah-langkah antisipasi sejak dini terhadap penyebaran virus mematikan itu.

“Antisipasi yang perlu dilakukan antara lain membangun koordinasi dengan bidang pengendali kesehatan, koordinasi yang dibangun terkait kesiapan tenaga medis dan juga obat-obatan,” ujarnya.

Dengan demikian, kata Aloysius, apabila ada warga yang tertular Mers atau Ebola maka sudah ada tenaga dokter yang menanganinya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura Dolarina Dde Breving mengaku belum menerima laporan terkait dengan masuknya virus ebola di Kota Jayapura.

“Tidak ada ebola yang masuk ke Papua, dulu flu babi atau flu hongkong itu juga tidak ada,” ujarnya.

Meski demikian, kata dia, pengawasan tetap diperketat disejumlah batas negara melalui udara ataupun darat perlu dilakukan oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kota Jayapura.

“Kami juga sudah kerjasama dengan KKP untuk memeriksa Jamaah Haji yang pekan lalu baru pulang dari Mekkah, agar dipastikan tidak ada yang sakit,” ujarnya.

Pengawasan juga perlu diperketat di areal Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, setiap penumpang baru datang dari luar Papua perlu diantisipasi.

“Perlu ada pemeriksaan terhadap para penumpang, hal ini semata untuk mengantisipasi virus Ebola,” ujarnya. (ant/gyi)

0 Comments

Leave a Comment

5 × five =

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password