Pentingnya Mengonsumsi Susu untuk Ibu Menyusui dan Manfaat pada Bayi

Ilustrasi: freepik.com Designed by vectorsjungle

Covesia.com – Dalam proses ibu menyusui tentunya membutuhkan konsumsi makanan dan minuman bergizi untuk membantu dalam meproduksi Air Susu Ibu (ASI). Tidak hanya bayi saja yang membutuhkan nutrisi, sang Ibu pun harus memenuhi tubuhnya dengan gizi seimbang. Hal ini penting dilakukan agar nantinya bayi bisa mendapatkan asupan nutrisi dari ASI.

Jumlah ASI dipengaruhi oleh status gizi dan asupan gizi harian. Jika ibu menyusui  membatasi asupan makanan hariannya sehingga menjadi kurang dari 1.500-1.800 kkal, maka dalam memproduksi ASI sangat berkurang, apabila dibandingkan dengan ibu yang cukup dalam memenuhi kebutuhan makanannya.

Ibu menyusui memang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda bahkan dari ibu hamil. Pemenuhan kebutuhan nutrisi selama menyusuisangat penting. Jika kebutuhan nutrisi tidak tercukupi, tubuh akan mengambil kebutuhan tersebut dari cadangan tubuh.

Untuk menjamin kualitas ASI terbaik dengan produksi yang melimpah, ibu bisa merancang sendiri menu makan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan gizi selama menyusui.

Guna memenuhi kebutuhan kalori yang terus meningkat, para ibu dapat mengkonsumsi banyak sayur dan buah seperti bayam dan pepaya sebagai sumber kalori rendah lemak yang kaya dengan vitamin, mineral dan serat. Memakan makanan yang kaya protein, zat besi dan kalsium, seperti telur, daging tanpa lemak, dan produk susu, seperti keju atau yogurt juga sangat disarankan.

Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah banyak meminum air putih, karena tubuh manusia menggunakan air untuk memproduksi ASI. Karena inilah mengapa ibu menyusui cenderung lebih cepat merasa haus, terutama saat menyusui. Meningkaatkan konsumsi air putih melebihi kebutuhan dasar harian sangatlah penting. Untuk ibu menyusui dianjurkan minum hingga 2,5 liter per hari.

Hindari stres dan tetap bahagia, oleh karena itu penting bagi pasangan dan keluarga untuk bekerja sama menjaga mood ibu menyusui dan membantu membesarkan anak, sehingga produksi ASI dapat dipertahankan pada level tertinggi dan mencapai kualitas terbaik. Stres dan kelelahan cenderung menurunkan produksi ASI.

Selain makan makanan bergizi, ibu menyusui juga bisa menambah kebutuhan gizinya dengan minum susu untuk ibu menyusui. Susu untuk ibu menyusui merupakan jenis susu yang diformulasikan khusus untuk ibu yang sedang memberikan ASI eksklusif.

Dengan  mengonsumsi susu untuk ibu menyusui guna memenuhi kebutuhan nutrisi selama menyusui juga membantu dalam memproduksi ASI. Susu ibu menyusui mengklaim mengandung vitamin dan mineral dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan susu biasa, nutrisi dari susu ibu menyusui juga telah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi ibu menyusui.

Selain makanan dan minuman tersebut, ibu menyusui juga bisa menambah asupan nutrisi dengan mengonsumsi susu untuk ibu menyusui. Banyak produk yang dipasarkan, susu anmum untuk menyusui ini dapat menjadi alternative praktis untuk memastikan kebutuhan nutrisi ibu menyusui terus terpenuhi.

.Jika  ingin mengonsumsi susu untuk ibu menyusui, maka hendaklah yang memiliki beberapa kandungan nutrisi penting ini di dalamnya:

1. Kalsium.

Ibu menyusui perlu mengonsumsi banyak makanan dan minuman tinggi kalsium, karena kebutuhan ibu dan bayi juga sedang tinggi. Kandungan kalsium dalam susu ibu menyusui bisa membantu mempertahankan dan menjaga kepadatan tulang Anda, serta mendukung pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Ibu menyusui disarankan untuk mengonsumsi kalsium sebanyak 1.300 miligram per harinya. Nah, susu bisa menjadi sumber kalsium yang baik untuk Anda.

2. Zat besi.

Semua vitamin dan mineral memang sangat vital untuk ibu menyusui, namun zat besi bisa dibilang salah satu yang tidak boleh kekurangan.

3. GA dan DHA.

DHA dan Gangliosida (GA)  merupakan komponen penting bagi si kecil sejak dalam kandungan hingga awal masa kanak-kanak yang berperan pada pembentukan koneksi antar sel saraf otak dan mendukung proses pembelajaran. Dengan jumlah DHA dan GA yang lebih tinggi dan dilengkapi nutrisi baik lainnya dapat mengoptimalkan perkembangan otak anak agar ia cerdas.

4. Vitamin B

Mendukung pembentukan energi yang diperlukan untuk memproduksi ASI yang dapat menunjang energi selama masa menyusui.

5. Asam folat

Ini diperlukan sebelum, saat, dan setelah hamil. Kualitas ASI Anda juga akan semakin baik jika kebutuhan asam folat terpenuhi.

6. Sari daun katuk.

Dau katuk ini memang sering dingukan dalam mempelancar ASI alami. Banyak susu ibu menyusui yang mengandung sari daun katuk.

(alb)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password