BIM Tambah Layanan Pemeriksaan Genose C-19 sebagai Syarat Penerbangan

Pemeriksaan Genose C-19 di selasar Bandara Internasional Minangkabau, Senin (3/5/2021)(Foto: Covesia/ Primadoni)

Covesia.com – PT Angkasa Pura II cabang Bandara Internasional Minangkabau (BIM) mulai hari ini, Senin (3/5/2021) membuka layanan tambahan yakni pemeriksaan Genose C-19, terkait salah satu syarat untuk melakukan penerbangan bagi masyarakat.

Pelaksana Tugas (Plt) GM Angkasa Pura II BIM, Immamura Ginting dalam keterangan persnya menyebutkan, bahwa persyaratan layanan Genose C-19 sesuai surat edaran dari Satgas maupuun dari Perhubungan.

“Ini merupakan kerjasama dengan pihak Kimia Farma untuk melaksanakan Genose C-19 di BIM, selain pelayanan Swab Antigen di Bandara ini,” katanya.

Selanjutnya kata Imam, sebelum melaksanakan Genose C-19 ini, setiap penumpang harus menjalani sejumlah persyaratan sebelum dilakukan pemeriksaan, seperti puasa minimal 30 menit sebelum pemeriksaan.

Kemudian kata dia, pihaknya juga memastikan terhadap SOP pelaksanaan pemeriksaan ini, yang mana terkait limbah pemeriksaan Swab Antigen dan Genose C-19 ini, sehingga dipastikan tidak ada limbah didaur ulang untuk digunakan kembali.

“Terkait limbah ini, kita sudah sesuai SOP yang ada, dan terus melakukan pengawasan terhadap limbah-limbah tersebut,” tegas Imam.

Sementara itu, pihak dari Labor Klinik Kimia Farma, Sandra mengatakan untuk pelayanan Genose C-19 tersebut selama Ramadan yang mulai dilaksanakan hari ini dimulai pada pukul 06.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB.

“Karena dari aturan alat Genose ini, selama Ramadan itu berlakunya selama 6 jam setelah sahur,” ujarnya.

Kemudian Sandra mengungkapkan, untuk alat Genose C-19 ini sangat sensitive sekali terhadap bau yang menyengat seperti bau durian, teh, kopi, minyak kayu putih dan sebagainya.

“Oleh sebab itu, sebelum melaksanakan Genose C-19 ini, para penumpang harus puasa minimal 30 menit terlebih dahulu,”ungkapnya.

Lebih lanjut kata Sandra, dalam pelayanan Genose C-19 ini hanya butuh waktu lebih kurang 10 menit hingga keluar hasilnya, dan itu hanya merogoh kocek sebesar Rp40 ribu.

“Namun jika hasilnya nanti positif, kita kan ada dokter yang stembay, jadi hasil verifikasi calon penumpang langsung direkomendasikan untuk melakukan tes Swab Antigen atau PCR lanjutannya, karena Genose hanya salah satu tambahan screening awal Covid-19,” jelas Sandra.

(don)

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password