Ketahui Tentang Zakat Maal, Hukum, dan Cara Menghitungnya

Ilustrasi: Pixabay| nattanan23/34 images

Covesia.com – Selain mengeluarkan zakat fitrah setiap tahunnya di bulan Ramadan, terdapat juga zakat mal. Zakat Mal wajib dikeluarkan atau dibayarkan atas kepemilikan harta dalam jumlah dan waktu tertentu. Ketika seorang muslim sudah memiliki harta dalam jumlah yang memenuhi syariat baik itu jumlah (nisab) dan waktu (haul) maka harus dikeluarkan daripadanya zakat harta untuk mensucikan harta yang dimilikinya.

Pengertian Zakat Mal

Secara sederhana zakat harta (maal) dapat diartikan sebagai zakat yang dikenakan atas segala jenis kepemilikan harta benda yang secara zat dan juga substansi memperolehnya tidak bertentangan dengan ketentuan agama.

Zakat harta bisa terdiri dari berbagai macam harta. Zakat harta ini dikeluarkan untuk emas & perak, binatang ternak, hasil pertanian, harta perniagaan, hasil tambang & kekayaan laut, juga rikaz (harta temuan yang tidak ada orang yang mengakui sebagai pemiliknya yang sah atau harta karun).

Syarat Harta Kekayaan Yang Wajib Zakat

1. Kepemilikan Penuh

Artinya harta tersebut berada dalam kontrol pemiliknya yang sah dan secara penuh serta didapatkan melalui proses pemilikan yang tidak melanggar agama. Harta yang dizakati haruslah merupakan harta halal dan diperoleh melalui cara yang halal pula.

2. Berkembang

Harta yang harus dikenai zakat adalah harta yang berkembang yakni harta tersebut dapat bertambah atau berkembang jika diusahakan dan juga memiliki potensi untuk berkembang.

3. Cukup Nisab

Artinya harta tersebut sudah mencapai jumlah tertentu sesuai dengan yang dipersyaratkan oleh syariat agama Islam. Jika harta yang dimiliki belum memenuhi batasan tertentu maka ia tidak wajib dikenakan zakat mal.

4. Mencapai Haul

Syarat harta yang harus dipenuhi berikutnya adalah memenuhi haul yakni sudah dimiliki dalam kurun waktu satu tahun penuh. Persyaratan ini hanya berlaku untuk zakat emas, perak, harta simpanan, perniagaan ataupun binatang ternak. Sedangkan untuk hasil panen maupun rikaz dapat ditunaikan saat itu juga.

5. Bebas Dari Hutang

Orang yang memiliki hutang sebesar atau mengurangi se-nishab yang harus dibayar pada waktu yang sama dengan waktu mengeluarkan zakat, maka harta tersebut tidak wajib dizakati.

Hukum Menunaikan Zakat Mal

Dalam Islam, zakat merupakan kewajiban bagi setiap muslim yang mampu dan memenuhi syarat. Terdapat sejumlah dalil dalam Al-Qur’an terkait dengan zakat yakni diantaranya adalah pada Surat At-Taubah : 103 dan Al-Baqarah : 43.

“Ambil lah zakat dari harta mereka, guna membersihkan dan menyucikan mereka, dan berdoa lah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketenteraman jiwa bagi mereka. Allah Maha Mendengar, Maha Mengetahui” (QS At Taubah : 103).

Dari perintah pada ayat Al Quran di atas dapat disimpulkan bahwa zakat merupakan suatu kewajiban bagi muslim yang mampu dan berfungsi untuk membersihkan atau mensucikan harta yang dimilikinya.

Cara Menghitung Zakat Mal

Nisab untuk zakat mal adalah sebesar 85 gram emas. Jika Anda memiliki harta total yang setara dengan nishab tersebut maka akan dikenakan zakat bila sudah mencapai haulnya. Untuk zakat maal dihitung sebesar 2,5% (dua koma lima persen) dari harta kekayaan.

Sebagai contoh, Anda memiliki total harta kekayaan sebesar Rp 100.000.000 dan sudah tersimpan selama satu tahun penuh. Asumsikan bahwa harga emas saat ini adalah Rp 950.000 untuk tiap gramnya. Mengingat nishab zakat maal adalah 85 gram emas yang jika dikonversikan ke uang tunai adalah sebesar : Rp 950.000x 85 gram = Rp 80.750.000

Mengingat harta simpanan yang sudah Anda miliki sudah melebihi batas minimal (nisab) maka ia wajib dikenakan zakat mal yang besarnya adalah sebesar 2,5% dengan perhitungan berupa :

2,5% x Rp 100.000.000 = Rp 2.500.000 yang bisa Anda bayarkan kepada lembaga zakat resmi dan terpercaya.

Itulah ulasan tentang zakat mal beserta contoh perhitungannya yang perlu Anda ketahui. Bila Anda ingin mendapatkan update informasi seputar zakat maupun wakaf, bisa langsung mengikuti sosial media Instagram @literasizakatwakaf ataupun juga subscribe channel Youtube Literasi Zakat Wakaf. Yuk, ikuti sosial medianya sekarang juga!


Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password