Program Mencari Stratup Menjadi Solusi Perkembangan Bisnis Startup di Tanah Air

Ilustrasi Startup: pixabay.com

Covesia.com – Pengguna internet di Indonesia semakin bertambah setiap harinya. Peningkatan kualitas jaringan internet di seluruh wilayah Indonesia serta semakin terjangkaunya harga smartphone turut menyumbang pertambahan angka pengguna internet di Indonesia. Hal inilah yang menjadi penyebab pelaku industri startup di Indonesia dapat berkembang dengan baik.

Startup sendiri diartikan sebagai perusahaan rintisan atau juga perushaan yang sedang melakukan pengembangan. Hingga saat ini istilah startup cukup diidentikkan dengan segala hal yang berhubungan dengan teknologi, internet, web, atau hal lain yang masih ada dalam ranah tersebut.

Pengembangan industri startup tahap awal dengan melalui pelatihan-pelatihan intensif  mulai gencar dilakukan, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri pelaku industri startup di Indonesia.

Jumlah startup sudah semakin meningkat dari waktu ke waktu. Beberapa perusahaan startup besar sudah mendapatkan pendanaan dari investor kelas kakap. Banyak juga perusahaan startup baru yang berjuang untuk mencari investor demi berjalannya program-program yang dikerjakan.

Sebagai negara berkembang, Indonesia dinilai memiliki potensi yang besar terutama dalam hal perkembangan bisnis digital. Berubahnya pola dan kebiasaan konsumsi masyarakat membuat bisnis startup kini makin menarik dan jadi perhatian. Dengan munculnya perusahaan-perusahaan startup yang berpredikat unicorn dari Indonesia menjadi secercah harapan di industri startup .

Unicorn sendiri merupakan istilah yang diberikan kepada sebuah perusahaan rintisan atau startup yang telah menghasilkan satu miliar dolar per tahun. sedangkan istilah decacorn diberikan kepada staf yang telah dihasilkan sebanyak 10 miliar dolar per tahun.

Bisnis startup biasanya lebih mengutamakan ide-ide baru dan memberi solusi permasalahan bagi konsumen. Bisnis startup juga biasanya mengandalkan teknologi untuk membantu pertumbuhan bisnis, maka tidak salah jika sebagian orang memandang bisnis startup merupakan bisnis yang bergerak di bidang teknologi.

Di Indonesia sendiri sebenarnya memiliki banyak peluang untuk mendirikan bisnis startup. Terdapat lebih dari 1000 pelaku bisnis startup di Indonesia. Bahkan di beberapa daerah, telah memiliki komunitasnya sendiri. Bahkan beberapa perusahaan besar melakukan program rutin inkubator.

Kehadiran berbagai program rutin inkubator  menjadi  akselerasi bagi perusahaan starup. Melalui program akselerasi ini, diproyeksikan akan semakin meneguhkan posisi Indonesia sebagai hub regional Asia Tenggara kedua setelah Singapura.

Inkubator merupakan suatu program mencari startup yang ditujukan untuk membantu perkembangan perusahaan startup. Program tersebut terdiri dari pelatihan, mentoring, bahkan hingga tahap pendanaan. Selain melalui inkubator, perusahaan startup juga dapat mempelajari perkembangan strategi pemasaran dan pengetahuan lain yang dibutuhkan untuk pengembangan perusahaan.

Pada dasarnya yang dilakukan oleh  inkubator semacam kolaborasi kerja sama agar perusahaan startup dapat berkembang sesuai dengan visi dari inkubator.

Salah satu inkubator di Indonesia adalah Startup Studio Indonesia yang merupakan program intensif yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk memberdayakan early-stage startup, berfokus pada akselerasi produk dan tim, strategi pengembangan produk untuk mencapai product-market-fit, validasi strategi growth marketing, assisting technology development, dan business skill.

Diinisiasi untuk menjawab masalah sulitnya mendapat sumber daya yang berkualitas dan pengembangan bisnis, Startup Studio Indonesia hadir dalam mengembangkan solusi yang dibutuhkan oleh startup.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password