8 Pertunjukan dan Lomba Esai di GKB

8 Pertunjukan dan Lomba Esai di GKB

Covesia.com - Gelaran Festival Bumi sudah memasuki tahun ketiga pelaksanaan. Festival ini diinisiasi oleh Lembaga Bumi Kebudayaan yang bekerjasama dengan UPTD Taman Budaya Provinsi Sumatera Barat. Rangkaian kegiatan festival akan dibuka dengan program ‘Gelar Karya Budaya’ (GKB) pada 7-10 November.

“Gelar karya budaya akan menampilkan pertunjukan teater yang diangkat dari naskah Wisran Hadi. Pertunjukan tersebut dapat disaksikan secara luring di Taman Budaya, STKIP PGRI Padang dan ISI Padang Panjang. Serta dapat disaksikan secara daring melalui kanal youtube Lembaga Bumi Kebudayaan” ucap Armeynd Sufhasril selaku Direktur Festival dalam rilis yang disampaikan, Kamis (04/10/2021).

Ada delapan kelompok teater yang akan berpartisipasi dalam GKB, yaitu Teater Gumala, Teater Balai, Ganto Gaung, Tanah Ombak, Teater Binggo, Komunitas Seni Kuflet, Teater Selembayung dan Teater Batuang Sarumpun.

Tak hanya sebagai pertunjukan teater semata, GKB juga merupakan pintu masuk menuju program Festival Bumi yang lain, yaitu Lomba Esai Teater. Lomba tersebut terbuka untuk umum dengan syarat tulisan harus membahas karya-karya pertunjukan yang ditampilkan.

“Dengan adanya penanyangan di kanal youtube, peserta di luar Sumbar dapat berpartisipasi. Sebab memang, lomba dibuat berskala nasional. Apalagi lomba esai teater sangat jarang diadakan. Disinilah keberhasilan Festival Bumi mengambil posisi.” ucap Hendri Fauzan Selaku kepala UPTD Taman Budaya.

Adapun dewan juri yang akan menilai tulisan-tulisan peserta yaitu Ivan Adilla (Akademisi), Shinta Febrianty (Ketua Umum Perkumpulan Nasional Teater Indonesia), dan S Metron Masdison (Praktisi teater). Lomba Esai ditutup pada 24 November 2021.

Di samping itu pada tanggal 8 November di STKIP PGRI Sumbar juga dilakukan Bimtek mengenai Seniman dan Pandemi setelah itu dilanjutkan dengan diskusi teater. Pada tanggal 9 November diskusi teater kembali dilakukan di ISI Padang Panjang.
(rls)

Berita Terkait

Baca Juga