Membuat Website Profesional, Ini Tips Memilih Hosting Terbaik dan Harga Terjangkau

Ilustrasi Web Hosting: idwebhost.com

Covesia.com – Dengan pertumbuhan internet di Indonesia, memiliki website di era digital dapat membuka banyak peluang. Website nantinya bisa menjadi media untuk produk, jasa, portofolio, skil dan talenta yang dapat membantu dalam meningkatkan meraup keuntungan.

Keberadaan website tentunya menjadi salah satu wadah bagi perusahaan, instansi, organisasi ataupun individu dalam memperkenalkan produk, karya bahkan memasarkan produk atau pun publikasi karya di dunia maya. Sayangnya masih banyak orang yang belum benar-benar paham terkait cara memilih hosting terbaik yang sesuai kebutuhan.

Seperti yang diketahui, suatu website tidak pernah lepas dari hosting. Dua hal ini merupakan paket lengkap yang dapat menunjang kinerja website agar lebih baik lagi dan bisa mencapai keberhasilan yang ingin diraih.

Hosting merupakan sebuah tempat di mana semua data website tersimpan. Data yang tersimpan ini dapat dikelola oleh pemilik website dengan internet. Yang termasuk data yaitu bisa berupa gambar, video, email, script, aplikasi hingga database penting.

Ada faktor tertentu yang perlu diperhatikan ketika memilih hosting terbaik yang cocok. Memahami faktor apa saja yang perlu diperhatikan ketika memilih hosting dan bagaimana cara memilih hosting terbaik;

1. Menentukan Tipe Hosting

Tipe dari suatu web hosting merupakan suatu hal yang harus pertama kali menjadi pertimbangkan. Terdapat 4 macam web hosting yang bisa jadikan pilihan yakni VPS, shared hosting, dedicated hosting serta cloud hosting. Jika memang masih bingung untuk menentukan pilihan diantara 4 tipe web hosting yang ada tersebut, cobalah untuk mempertimbangkan tipe shared hosting. Dengan memiliki kesempatan untuk melakukan upgrade akun hosting kapanpun ketika saat membutuhkan resource yang jauh lebih besar alias dibutuhkan ketika sedang membuat atau membangun sebuah situs.

2. Jaminan uptime sampai 99%

Tak peduli penyedia hosting dengan tarif mahal ataupun jasa hosting murah. Hal ini bertujuan agar server, sebagai tenaga utama dari sebuah hosting tidak mudah rusak. Perusahaan hosting terbaik umumnya berani memberikan garansi uptime 99% dengan jaminan uang kembali.

Perusahaan web hosting yang bagus dan bonafit berani memberikan kecepatan yang baik dan
memberikan uptime sampai dengan 99% menjaga situs web tetap dapat diakses secara online. Salah satu pembeda kualitas antara penyedia hosting adalah seberapa baik mereka dalam mengelola masalah yang berpotensi terjadi pada website pelanggannya.

3. Lokasi Pengunjung Website

Perhatikan juga target dari audiens atau target pengunjung dari website yang akan dibangun. Jika ingin membuat website dengan calon audiens atau target pengunjung dari Indonesia, server website terbaik harusnya juga berada di Indonesia. Pastikan terlebih dahulu audiens atau target pengunjung website sebelum memilih, Hal ini bertujuan agar kecepatan website tetap stabil.

4. Kualitas Performa Server


Sebelum membuat pilihan menggunakan jasa web hosting, memahami kualitas server layanan merupakan suatu hal yang penting untuk diperhatikan. Jangan sampai nantinya menjadi penghalang kesuksesan kinerja di dunia online karena situs website sulit diakses atau memiliki banyak masalah teknis.

Selain itu hal yang juga harus diperhatikan adalah spesifikasi server yang terletak pada data center penyedia layanan hosting, seperti teknologi server, kecepatan prosesor, kapasitas RAM, harddisk (menggunakan SSD atau tidak) dan kecepatan jaringan.

5. Dukungan Pelanggan

Penyedia hosting yang bagus adalah mereka memiliki tim support yang bagus. Jika penyedia hosting tersebut bisa melakukan layanan pelanggan yang selalu siap selama 24 jam sehari sepanjang pekan dalam membantu mengatasi permasalahan, maka kualitas layanan pelanggan penyedia web hosting dapat diandalkan.

Jika berniat memindahkan website dari satu web hosting ke yang lainnya, maka pastikan penyedia web hosting dapat membantu proses migrasinya.

6. Sistem Keamanan Memadai

Penyedia layanan dengan keamanan yang baik harus menjadi prioritas utama, dengan menawarkan fitur keamanan yang lengkapakan akan melindungi keamanan data pelanggan. Mempunyai sistem monitoring yang digunakan untuk melacak upaya serangan peretas. Menyediakan sertifikat SSL untuk meningkatkan keamanan situs website. Sertifikat SSL memastikan bahwa semua data yang dikirim di formulir web dienkripsi.

7. Harga

Ini faktor penting, jangan sampai membeli hosting di luar batas budget, salah satu faktor yang banyak dipertimbangkan oleh pengguna dalam dalam mencari hosting adalah biaya. Sekarang banyak paket-paket hosting yang disediakan oleh perusahaan hosting yang harganya murah dan juga di luar sana sangat banyak yang mengklaim diri sebagai penyedia jasa hosting murah. Pilihlah penyedia hosting yang memiliki paket sesuai dengan biaya. Jangan sampai setelah mengeluarkan banyak uang untuk berlangganan namun performanya tak sesuai dengan harapan.

8. Perhatikan Review dari Pelanggan

Sebelum memutuskan layanan penyedia hosting yang akan digunakan, ada baiknya bertanya kepada pengguna yang telah menggunakan layanan penyedia hosting, sehingga dapat bisa meyakinkan untuk memilih hosting terbaik yang akan digunakan. Perlu melihat review dari pelanggan lain dan juga ada banyak sumber yang bisa ditelusuri mulai dari blog hingga forum untuk mendapatkan suatu ulasan tentang layanan hosting.

Tentu saja tidak semua review bersifat objektif., karena banyak orang yang ingin memanfaatkan rasa penasaran orang lain dan juga demi mendapatkan keuntungan pribadi. Sebaiknya membaca ulasan hanya dari blog-blog yang terpercaya demi mendapatkan review yang lebih objektif.

Jika ingin serius membuat suatu website profesional poin-poin diatas haruslah menjadi pertimbangan untuk langkah yang dilakukan sebelum memilih penyedia jasa web hosting. Dengan memilih penyedia jasa web hosting terbaik dan memilih penyedia hosting murah, nantinya keperluan dalam membuat website dapat terpenuhi dan bekerja secara optimal.

Ingat! Jangan sampai tertipu dengan iming-iming harga hosting yang terlalu murah dan janganlah sampai memilih penyedia domain hosting hanya berdasarkan kecepatan server semata dan juga dari harga yang ditawarkan. Penyedia shared hosting yang menawarkan dengan harga jual yang sangat murah pada akhirnya, membuat merogoh kocek lebih dalam saat memperpanjang layanan hosting, hal ini akan menjadi kerugian dikemudian hari.

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password