- Advertisement -
HomeLifestyleIni Jenis-Jenis Pinjaman Bank untuk Usaha

Ini Jenis-Jenis Pinjaman Bank untuk Usaha

Covesia.com – Modal menjadi salah satu hal penting jika Anda akan membangun suatu usaha. Tanpa adanya modal, usaha yang diimpikan tidak akan bisa dirintis. Namun, banyak orang enggan membangun usaha karena keterbatasan modal. Padahal ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan modal, salah satunya mengajukan pinjaman bank.

6 Jenis Pinjaman Bank untuk Usaha 

Inilah beberapa jenis pinjaman di bank yang bisa Anda ambil untuk usaha:

1. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Yang pertama ada Kredit Tanpa Agunan (KTA). Dimana jenis pinjaman bank ini akan memberikan kredit tanpa membebankan agunan atau jaminan, seperti tanah, rumah, kendaraan, surat berharga dan sebagainya. 

Berkat tawaran kemudahan ini membuat KTA sangat populer di kalangan pelaku usaha. Jumlah maksimal pinjaman yang diberikan sebesar 200 juta-300 juta dengan tenor waktu 5 tahun atau 60 bukan. Menariknya lagi, KTA menawarkan suku bunga yang rendah. 

2. Kredit Modal Kerja (KMK) 

Pinjaman bank sangat membantu para pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya supaya lebih besar lagi. Untuk hal ini, bank akan menawarkan jenis pinjaman yang bernama Kredit Modal Kerja (KMK). 

Kredit Modal Kerja merupakan jenis pinjaman jangka pendek karena hanya satu tahun. Beberapa syarat yang harus dipenuhi jika mengajukan jenis pinjaman ini adalah usaha yang dijalankan sudah memiliki izin dan sudah berjalan kurang lebih selama satu tahun. 

3. Kredit Usaha Rakyat (KUR)

Kredit Usaha Rakyat (KUR) sudah sangat populer di kalangan pengusaha. Hal ini dikarenakan KUR dicanangkan pemerintah untuk membantu UMKM milik rakyat supaya semakin berkembang. KUR akan memberikan pinjaman modal usaha untuk jenis usaha di sektor perikanan dan kelautan, pertanian, kehutanan, perindustrian, dan juga jasa keuangan simpan pinjam. 

4. Kredit Investasi 

Jenis pinjaman bank untuk usaha selanjutnya adalah kredit investasi. Jenis pinjaman satu ini difokuskan untuk keperluan usaha. Biasanya kredit investasi digunakan untuk perluasan ataupun penambahan usaha, contohnya seperti membangun proyek baru, membeli dan juga membuka pabrik baru, membeli tanah dan bangunan untuk usaha baru, pengadaan mesin, membeli bahan baku dan sebagainya. Pelunasan kredit investasi menggunakan uang hasil usaha yang sudah dibiayai dengan modal yang dipinjam.

5. Modal Usaha Ventura 

Modal usaha ventura merupakan pinjaman dalam bentuk investasi, nantinya kreditur akan memberikan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal dengan adanya perjanjian kerja sama dalam jangka waktu atau periode tertentu. 

Adapun konsep dasar modal usaha ventura sama seperti saham. Namun, yang membedakannya modal yang diberikan berasal dari perusahaan ventura. Perlu diketahui jika modal usaha ini risikonya cukup tinggi tetapi imbalannya juga tinggi. 

6. Kredit Multiguna 

Jika ingin mengajukan dana pada kredit multiguna, peminjam diharuskan untuk mempersiapkan jaminan.  Semakin besar nilai barang yang dijadikan jaminan maka modal usaha yang akan diperoleh juga semakin besar. 

Bank berani memberikan pinjaman modal hingga Rp 5 miliar dengan tenor pengembalian dana lebih dari 10 tahun. Akan tetapi, jenis pinjaman bank ini suku bunganya cukup tinggi. Suku bunga yang diberikan disesuaikan kondisi pasar. Apabila kondisi pasarnya baik, suku bunganya bisa dibawah 10%.

Itulah beberapa produk pinjaman bank yang bisa Anda pilih untuk memenuhi kebutuhan modal usaha. Tidak hanya pinjaman ke bank, kredit online bisa menjadi solusi kebutuhan dana cepat bagi Anda. Dimana jenis pinjaman ini diberikan oleh penyedia jasa online yang dioperasikan secara online. Penyedia pinjaman online dikenal dengan sebutan fintech. 

Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh fintech kepada nasabah, seperti syarat pengajuan kredit sangat mudah, dana yang dipinjamkan cukup besar, pencairan dana cepat dan masih banyak lagi. Biasanya syarat pengajuan pinjaman kredit online, seperti KTP, rekening tabungan, NPWP dan slip gaji.

Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman modal tanpa jaminan dan proses pencairannya cepat maka Anda bisa mengajukan kredit online di Tunaiku. Anda bisa mendapatkan pinjaman dana mulai dari 2 juta hingga 20 juta rupiah dengan pembayaran  cicilan  selama 6 bulan, 12 bulan dan hingga 20 bulan.

Selain itu, Tunaiku juga menawarkan banyak kemudahan lain bagi para nasabahnya. Salah satunya dana yang dipinjam bisa dicairkan hanya dalam waktu 24 jam setelah pengajuan. Tidak perlu dilakukan survei dengan datang langsung ke rumah. 

Tunaiku juga sudah terdaftar di Otoritas Jasa keuangan (OJK). Terdaftar di OJK sehingga segala kegiatan perusahaan ini berada dibawah pengawasan OJK. Ini berarti Tunaiku merupakan aplikasi pinjaman online yang  legal, aman dan terpercaya.

- Advertisement -


- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Berita Terkait