- Advertisement -
HomeLifestyleManfaatkan Barang Bekas Menjadi Alat Musik Sederhana

Manfaatkan Barang Bekas Menjadi Alat Musik Sederhana

Covesia.com – Ketika memiliki waktu luang terkadang membuat kita bingung untuk menentukan apa yang ingin dilakukan. Memanfaatkan barang bekas yang tidak terpakai di rumah menjadi kerajinan bisa menjadi media pembelajaran dan merangsang kreativitas anak.

Mengajak anak untuk membuat alat musik sederhana dengan menggunakan barang-barang bekas, selain memanfaatkan waktu luang juga bisa membuat kita produktif dan sekaligus mengasah kreativitas anak serta bakat seninya.

Membuat alat musik dari bahan bekas akan membuat anak penasaran dengan cara pembuatannya, sehingga ia ikut membantu dalam proses pebuatannya dan akhirnya anak pun juga akan senang memainkannya.

Berikut ini beberapa pilihan mengenai alat musik yang bisa dibuat bersama anak dalam mengisi waktu luang;

  1. Gitar dari Kotak Bekas

Alat musik anak ini bisa dibuat hanya dengan kotak sereal bekas dan beberapa karet gelang. Lubangi satu sisi kotak, kemudian pasang senar dari karet gelang dari satu sisi melintangi lubang tersebut. Buat gagang dengan menggunakkan karton kemudian direkatkna mengunakan lem pada pada satu sisinya. Gitar daro kotak bekas sudah siap digunakan untuk berdendang dengan nada riang dari gitar sederahananya.

  1. Mini Drum dari Kaleng

Membuat mini drum dari kaleng merupakan jenis alat musik yang paling mudah disiapkan dengan menggunakan barang bekas. Jenis kaleng bekas yang dipakai bisa dari kaleng susu formula atau kaleng sarden. Cukup membersihkan bagian mulut kaleng dan dilapisi balon yang menutup seluruh permukaan kaleng, kemudian direkatkan dengan lakban dan mini drum tersebut bisa dimainkan dengan ditabuh sebagai mana drum sungguhan.

  1. Suling dari Botol

Untuk membuat suling dari botol bisa menggunakan jenis botol yang dipakai ini harus berupa dengan berukuran besar dan wadah kaca lainnya yang berleher kurus cocok untuk digunakan dengan panjang yang lumayan. Buatlah lubang berukuran sebesar jari tangan pada di bagian bawah dengan menggunakan pemotong kaca. Tiupkan udara melalui lubang yang telah ada di bagian dan posisikan bibir pada saat meniupkan udara secara horizontal, tepat di atas lubang. Terus tiupkan udara hingga mendapatkan nada yang jelas. Lakukan hal ini saat Anda meniupkan udara dan bereksperimenlah dengan berbagai macam suara yang dihasilkannya.

  1. Marakas

Alat musik yang digoyangkan dan berbunyi renyah pada saat dimainkan ini bisa dibuat dengan cara sederhana. Alat misik markakas bisa dibuat dengan menggunakan telur mainan palatik yang bisa dibuka, isi telur dengan beras atau biji popcorn dan jepit sendok plastik pada bagian telur mainan, lalu rekatkan dengan selotip berkali-kali agar sendok tidak terlepas dari telur ketika marakas dimainkan.

  1. Kastanyet dari Tutup Botol Soda

Kastanyet ini merupakan alat musik yang dimainkan dengan ibu jari pada umumnya digunakan untuk mengiringi tarian yang berasal dari Spanyol. Dalam proses pembuatanyapun cukup mudah dan sederhana menggunakan kardus, dua tutup botol soda yang direkatkan dengan lem. Cara membuatnya dengan menggunting kardus atau karton dengan bentuk persegi panjang atau oval yang memanjang, kemudian rekatkan tutup botol pada setiap ujung kardus dengan menggunakan lem, lalu hiaslah dengan menggunakan krayon atau pensil warna dan tempel beberapa stiker yang disukai, kemudian lipat secara horizontal. Mainkan kastanyet dengan cara dijepit menggunakan ibu jari.

Bermain musik sangat bermanfaat dalam meningkatkan koordinasi tangan dan matanya sejak dini. Melalui ini juga dapat membangun rasa percaya diri anak yang sedang dalam masa pertumbuhan dengan memberikan pujian kepada anak saat berhasil membuat alat musik sederhananya sendiri.

Cukup dengan memanfaatkan barang bekas dan mengguanakan perlengkapan lainnya, sudah siap untuk mengajak anak dalam membuat alat musik sederhana dari barang bekas. Aktivitas yang satu ini memang dapat menjadi stimulasi yang tepat bagi perkembangan daya imajinasi dan kreativitas anak.

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya