Tidak Hanya di Amerika Hingga China, Rumah Makan Padang Juga Ada di Negara Kerajaan Samudera Pasifik

Tidak Hanya di Amerika Hingga China Rumah Makan Padang Juga Ada di Negara Kerajaan Samudera Pasifik Foto: zonabanten.com

Covesia.com - Rumah Makan Padang sudah dikenal di Mancanegara, pusat jajanan kuliner minang ini tersohor dengan kekhasan bumbu dan rasa dari panganan yang diolah itu, jadi tidak asing jika warung makan penggugah selera itu didirikan mulai dari Amerika hingga China.

Dinukil dari berbagai sumber, ada Rumah Makan Padang Upi Jaya yang berdiri di Queens, New York Amerika Serikat, Rumah Makan Padang  Salero Kito di Melbourne, Australia, Rumah Makan Padang Salero Minang di Prins Hendrikstraat, Den Haag, Rumah Makan Padang Padang Sejuta Rasa di London, dan Padang Restaurant di Kota San Li Tun, Beijing.

Nah, menariknya dari lima Rumah Makan Padang yang telah tersohor diatas, ternyata Rumah Makan Rang Awak ini juga berdiri di sebuah Negara Kerajaan di Samudera Pasifik bagian selatan bernama Tonga.

Tidak banyak yang tahu dengan negara ini, namun Tonga tengah menjadi perhatian dunia, setelah dihantam oleh gempa bumi dan tsunami pada Sabtu 15 Januari 2022 sore waktu setempat. 

Tonga mengalami gempa bumi akibat erupsi gunung berapi bawah laut Hunga-Tonga-Hunga-Ha'apai. Gempa itu mengakibatkan gelombang tsunami. 

Bahkan, sebuah pulau bernama Atata Island di wilayah Kerajaan Tonga dilaporkan telah tenggelam.

Nah menariknya, disebuah pulau terpencil itu yang sedang menjadi sorotan itu, ternyata juga berdiri Rumah Makan Padang bernama Takana Juo.

Dilansir dari zonabanten.com, penelusuran melalui Google Maps Rumah makan Padang itu bernama 'Takana Juo', yang berada di Alaivahamama'o Bypass Road, Nuku'alofa, Pulau Tongatapu, Tonga.

Lokasi rumah makan Padang tersebut bisa mudah ditemukan dengan mengetik nama 'Padang Restaurant - Takana Juo' di kolom pencarian Google Maps.

Lokasinya hanya sekitar empat kilometer dari Istana Kerajaan Tonga, yaitu Tonga Royal Palace Oval Office Palasi Faka-Tu'i yang berada di Vuna Road. 

Bedanya, Rumah Makan Padang Takana Juo di Tonga berada cukup jauh dari bibir pantai yang dihantam oleh gelombang tsunami.

Ditelusuri melalui fitur Street View pada Google Maps, ditemukan sebuah bangunan di titik lokasi rumah makan Padang tersebut.

Terlihat sebuah bangunan dengan cat berwana hijau dan pintu berwarna putih, tepat di pinggir jalan raya pada lokasi tersebut.

Sayangnya, tidak ada tulisan atau gambar apapun yang menandakan bangunan tersebut memang merupakan rumah makan Padang.

Namun, foto yang direkam pada Street View tersebut diketahui diambil pada Februari 2018, atau sudah lama, alias empat tahun yang lalu.

Sekarang muncul pertanyaan, apakah pemilik rumah makan Padang tersebut adalah seorang warga negara Indonesia (WNI) yang menetap di Tonga?

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) untuk Selandia Baru mencakup Tonga, Samoa, Kepulauan Cook, dan Nieu sendiri melaporkan ada empat WNI di Tonga.

Salah satunya merupakan seorang WNI yang telah menetap di sana. Sedangkan tiga WNI lain adalah anak buah kapal (ABK) yang biasanya berpindah-pindah.

(adi)


Berita Terkait

Baca Juga