Jaga Nilai Jual Kendaraan dengan Miliki Asuransi Mobil

Jaga Nilai Jual Kendaraan dengan Miliki Asuransi Mobil Ilustrasi Mobil, Sumber : istimewa

Covesia.com - Kendaraan mobil yang Anda miliki merupakan benda yang memiliki nilai cukup tinggi. Hal ini akan menjadi pertimbangan bagi Anda untuk merawat serta menjaga dengan sangat baik kendaraan pribadi yang Anda miliki. Salah satu cara melindungi kendaraan mobil Anda adalah dengan cara membeli layanan Traveloka Car Insurance.

Pengertian Asuransi Mobil

Asuransi mobil sama dengan asuransi kesehatan yang mungkin lebih Anda pahami. Sesuai dengan premi bulanan yang Anda bayarkan, maka layanan produk asuransi yang Anda dapatkan pun akan berbeda.

Umumnya ada dua jenis asuransi mobil, yakni pertama all risk, di mana pihak asuransi akan menanggung seluruh kerusakan bahkan walau hanya goresan sehingga wajah apabila premi dalam jenis asuransi mobil all risk tinggi, karena manfaat yang bisa Anda dapatkan adalah ganti rugi walau hanya kerusakan kecil.

Selain itu, juga ada Total Loss Only (TLO) pada jenis asuransi ini pihak asuransi hanya akan menanggung jika kerusakan mencapai 75%. Jenis mana yang akan Anda pilih, tergantung pada kebutuhan dan kemampuan Anda membayar premi bulanan.

Namun ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai manfaat asuransi mobil:

Solusi Finansial

Kejadian yang membuat mobil Anda membutuhkan perbaikan terkadang terjadi di saat yang tidak terduga. Hal ini tentu akan merogoh kocek kantong Anda dalam, apalagi jika kerugiannya besar dan melibatkan pihak ketiga.

Hal ini bisa Anda atasi jika Anda memiliki asuransi mobil, di mana kerugian pada kendaraan mobil Anda dan atau pihak ketiga akan diurus oleh pihak perusahaan asuransi. Sehingga keuangan Anda tidak akan terganggu saat terjadi hal yang tidak diinginkan.

Memberikan Ketenangan

Tentu Anda berharap tidak pernah menggunakan layanan asuransi, namun selama perjalanan, Anda akan lebih tenang karena memiliki asuransi yang siap membantu dan menanggung risiko kerugian. Namun Anda harus tetap berhati-hati, jangan sampai menggunakan layanan asuransi mobil karena itu artinya Anda berada dalam kondisi yang tidak diinginkan.

Menjaga Nilai Kendaraan

Manfaat asuransi kendaraan mobil berikutnya yang bisa Anda dapatkan adalah menjaga nilai kendaraan. Karena nilai kendaraan mobil akan turun jika ada kekurangan seperti baret, penyok dan kerusakan lainnya. Karena ini Anda bisa menjaga nilai kendaraan dengan memastikan kendaraan mobil Anda dalam kondisi yang baik.

Bebas dari Tanggungan Pihak Ketiga

Saat terjadi kecelakaan, bisa saja Anda melibatkan pihak ketiga yang menjadi korban. Anda harus menanggung kerusakan kendaraan pihak ketiga dan mungkin pengobatannya. Pasti membutuhkan biaya yang tak sedikit mengingat Anda harus memperbaiki mobil Anda juga mengganti rugi kerusakan pihak ketiga.

Namun dengan Anda memiliki asuransi kendaraan mobil, Anda bisa bernafas dengan sedikit lega karena semua kerugian akan ditanggung oleh pihak asuransi mobil yang telah Anda pilih.

Menjadi Investasi

Memiliki asuransi sama dengan memiliki investasi. Karena asuransi melindungi dan menjamin aset sekaligus berfungsi sebagai wadah untuk menabung. Menjaga kendaraan mobil Anda agar tetap dalam kondisi yang baik merupakan salah satu cara berinvestasi pada kendaraan Anda.

Menikmati Layanan Ekstra

Asuransi mobil tidak hanya menawarkan perlindungan selama berkendara, namun beberapa perusahaan juga memberikan penawaran berupa layanan ekstra. Sebagai salah satu contoh adalah adanya layanan mobil pengganti saat kendaraan mobil Anda masih dalam perbaikan di bengkel.

Ada pula yang menawarkan derek mobil serta layanan 24 jam untuk keadaan darurat seperti ban bocor atau kehabisan bahan bakar.

Setelah Anda mengetahui manfaat dari asuransi mobil dan sudah yakin akan membelinya, Anda harus perhatikan beberapa hal di bawah ini seperti:

Batas Usia Kendaraan

Hampir seluruh perusahaan asuransi mobil memiliki aturan terkait usia maksimal kendaraan yang di bisa diasuransikan. Hal ini karena mobil bekas memiliki risiko kerusakan yang lebih besar daripada mobil baru. Namun, ketentuan tersebut kembali lagi dengan kebijakan dari masing-masing perusahaan asuransi.

Sesuaikan Premi

Memiliki perlindungan pada kendaraan mobil Anda memang baik, namun apabila premi yang Anda bayarkan setiap bulan melebihi batas kemampuan pengeluaran Anda serta manfaat yang diterima kurang maksimal, maka hal ini akan menjadi boomerang di kemudian hari. 

Anda harus memilih jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mobil, premi yang sesuai dengan kemampuan pengeluaran bulanan Anda, dan ketentuan lain serta manfaat yang Anda akan terima. Keseluruhan ini harus Anda perhatikan, jangan sampai niat melindungi kendaraan mobil, Anda justru mendapatkan masalah di keuangan.

Perhatikan Apa Saja yang Tidak Bisa Diklaim

Selain memahami apa yang Anda dapatkan saat memiliki asuransi mobil, Anda juga harus mengetahui hal apa saja yang tidak diklaim oleh perusahaan asuransi yang telah Anda pilih.

Klaim yang Mudah dan Layanan yang Cepat

Selain itu, hal yang harus Anda pertimbangkan adalah cara klaim kerusakan pada perusahaan asuransi yang telah Anda pilih, Anda juga bisa memiliki perusahaan asuransi yang memiliki layanan 24 jam karena ini akan membantu Anda saat terjadi keadaan darurat di jam yang tidak terduga seperti ban bocor  pada saat dini hari.

Pihak asuransi yang memiliki kerjasama dengan berbagai bengkel lokasi tersebar juga memberikan kemudahan Anda, apabila kendaraan mobil Anda membutuhkan perbaikan, Anda tidak perlu pusing mencari bengkel karena pihak asuransi kendaraan mobil yang telah Anda pilih memiliki kerjasama dengan banyak bengkel yang memiliki kualitas serta layanan terbaik.

Anda bisa memilih Traveloka untuk membantu mengatasi persoalan mengenai asuransi mobil, karena Traveloka memiliki layanan lengkap yang tentunya dapat menguntungkan Anda sebagai pengguna asuransi.

(ppl)


Berita Terkait

Baca Juga