Ini 15 Oleh-oleh Khas Minang yang Paling Populer dan Dicari Perantau

Ini 15 Oleholeh Khas Minang yang Paling Populer dan Dicari Perantau Ilustrasi

Covesia.com - Masyarakat Minang dikenal sebagai masyarakat perantau, tak ayal ketika terjadinya musim mudik banyak yang kembali keranah minang dan setelah musim liburan usai mereka kembali ke tempat rantauan mereka masing-masing.

Selain dari masyarakat perantau minang, Sumatera Barat sendiri merupakan provinsi yang sangat indah dikunjungi oleh wisatawan tentunya saat kembali ke tempat masing-masing wajib membawa oleh-oleh khas dari minang, berikut rekomendasi oleh-oleh khas minang dan paling dicari oleh wisatawan yang dikutip dari situs andalastourism.com

1. Roti Randang

Diurutan pertama diisi oleh roti randang, Berbeda dari rendang biasa, rendang sebagai isian roti dimasak hingga dagingnya tidak terlalu berminyak atau kesat. Jenis isian rendangnya pun bermacam-macam, mulai dari rendang daging sapi, rendang daging ayam, hingga rendang kacang merah.

2. Randang Telur Kering

Di urutan ke dua ada rending telur kering, Rendang telur kering dibuat menggunakan tepung terigu, telur ayam, garam, daun salam, daun jeruk, batang serai, dan air. Tak ketinggalan bumbu halus yang terbuat dari ketumbar, kunyit, gula, garam, lengkuas, jahe, merica, bawang putih, dan bawang merah. Dengan berbagai bahan tersebut, cita rasa rendang telur kering pun cenderung agak pedas.

3. Karak Kaliang

Merupakan kue yang berbentuk angka delapan dan berwarna kuning, dengan tekstur keras ketika digigit.

4. Randang Daging Sapi

Makanan yang dinobatkan sebagai salah satu kuliner terlezat versi CNN pada 2017 ini menjadi oleh-oleh wajib yang harus dibawa dari ranah minang.

5.Kopi Kiniko Enterprise

Kiniko enterprise sendiri berada di daerah Batusangkar, Tanah Datar, jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Padang. Di sini, kamu bisa berkunjung ke Kiniko Enterprise, penyedia kopi khas Padang.

6.Keripik Sanjai Balado

Salah satu jenis keripik balado yang sering dibeli untuk oleh-oleh dari Padang adalah keripik sanjai. Keripik sanjai umumnya terbuat dari singkong. Kata “sanjai” sendiri diambil dari nama jalan di Desa Manggis Gantiang Sanjai, tempat asal para pembuat keriik sanjai.

7.Bolu Batik

Sesuai namanya, bolu batik memang merupakan kue bolu gulung yang bagian atasnya dihias menggunakan motif batik. Dibutuhkan keterampilan dan ketelitian yang cukup tinggi untuk bisa “menggambar” motif batik di atas bolu. Tak heran, jika akhirnya satu porsi bolu batik dijual dengan harga cukup mahal, yakni sekitar Rp60.000.

8.Kerupuk Jangek

Kerupuk jangek adalah kerupuk khas minang dimana jangek sendiri berarti kulit. Kulit sapi dijemur selama kurang lebih 2 hari untuk kemudian digoreng hingga matang. Di berbagai kota lain di Indonesia, khususnya Jawa Timur, kerupuk ini disebut juga dengan rambak.

9. Mukena Kerancang

Kerancang adalah seni menyulam khas Sumatera Barat yang membentuk kain dengan lubang-lubang beraneka ukuran. Ada banyak kreasi kain kerancang yang bisa kamu beli, salah satunya adalah mukena.

10. Kaus Bukittinggi-Jam Gadang

Baju kaus yang bertema design khas padang juga masuk kedalam daftar oleh-oleh yang paling dicari, anda dapat mencarinya ke bukittinggi atau dipadang juga ada di pantai air manis.

11.Dendeng Daun Singkong

Selama ini, kita mengenal dendeng sebagai makanan yang terbuat dari daging. Uniknya, kamu bisa menemukan dendeng yang terbuat dari daun singkong di Padang. Jadi, bagi kamu yang ingin mencoba dendeng tapi khawatir akan risiko kolesterol, dendeng daun singkong bisa menjadi alternatif tepat.

12.Randang Suwir Ayam

Oleh-oleh khas Padang ini adalah daging ayam yang disuwir dan dimasak menggunakan bumbu rendang.

13. Randang Paru

Tak hanya rending daging tapi randang paru juga menjadi salah satu alternative lain yang bisa dibawa sebagai oleh-oleh khas dari Ranah Minang.

14. Galamai

Pada dasarnya galamai mirip dengan dodol, secara bentuk galamai diproduksi dengan bentuk yang persegi panjang kecil dan dibungkus dengan mika atau plastic, galamai juga diisi dengan tambahan kacang.

15. Dadiah

Dadiah terbuat dari fermentasi susu kerbau dengan media bamboo, dadiah sama seperti yougurt namun dengan nuansa tradisional minangkabau.

Itulah 15 oleh-oleh dari minang yang paling dicari versi andalastourism.com, semoga dengan daftar ini anda tidak bingung lagi dalam memilih oleh-oleh apabila berkunjung ke Sumatera Barat.


Reporter: Pariyadi Saputra

Baca Juga