Ini Dia Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Emas

Ini Dia HalHal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Emas Ilustrasi, Sumber : Istimewa

Emas menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk investasi. Perhiasan emas juga bisa dijadikan investasi atau hanya sekadar untuk perhiasan saja. Apabila Anda ingin membeli emas, Anda harus memperhatikan hal-hal di bawah ini sebelum membelinya.

Tidak hanya itu saja, namun akan direkomendasikan juga beberapa produk cincin emas yang bisa menjadi referensi untuk Anda. Berikut merupakan ulasannya.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Emas

Sebelum membeli emas, Anda harus mempertimbangkan hal-hal yang akan dijelaskan di bawah ini supaya tidak sampai salah beli atau terkena kerugian. Berikut merupakan ulasannya.

1.     Ketahui Tujuan Beli Emas

Sebelum Anda membeli emas atau perhiasan emas, sebaiknya ketahui tujuan Anda terlebih dahulu. Apabila ingin membeli emas untuk investasi, Anda bisa memilih emas batangan atau koin, sebab memiliki nilai intrinsik yang relatif besar.

Tetapi, jika Anda ingin membeli emas untuk tabungan, Anda bisa memilih emas dengan memiliki kadar emas tinggi. Sementara itu, untuk emas perhiasan, memiliki nilai jual yang relatif lebih tinggi apabila kemilaunya masih terjaga dengan baik.

2.     Cek Harga Emas

Anda harus mengetahui harga emas terkini sebelum membelinya. Sebab, harga emas selalu berbeda-beda setiap harinya. Anda bisa membuka situs yang menyediakan harga-harga emas yang sedang ada di pasaran. Oleh karena itu, sebaiknya cek terlebih dahulu harga emas sebelum membelinya.

3.     Tempat

Belilah emas di tempat atau toko yang memiliki reputasi jelas. Hal ini untuk memberikan rasa aman dan kualitas yang terbaik. Sebaiknya Anda perhatikan juga harga jual emas yang ada di toko tersebut.

Blibli menjadi rekomendasi online store yang bisa Anda gunakan untuk membeli emas di toko terpercaya secara online. Anda akan menemukan beragam toko terpercaya di Blibli yang menjual cincin emas, dan perhiasan emas lainnya.

4.     Cek Kondisi Emas

Ketika memilih emas, utamakan memilih yang tampilannya bersih tanpa adanya noda hijau pada pori-porinya. Sebab, noda hijau tersebut adalah sisa-sisa bahan kimia yang belum tercuci bersih dan benar, nantinya dapat menyebabkan alergi pada kulit.

Pada emas perhiasan, periksalah apakah ada goresan, cekungan, atau cacat lainnya pada emas. Sebab, apabila suatu saat Anda ingin menjualnya kembali, dapat mempengaruhi harganya.

5.     Kadar Kemurnian Emas

Kadar kemurnian emas menjadi salah satu hal yang penting untuk ditanyakan kepada penjual emas. Emas 24 karat adalah emas murni 99,99%, emas 18 karat adalah emas yang memiliki kemurnian 75%, dan emas 14 karat adalah emas yang memiliki kemurnian hanya 58,5%.

Emas memiliki kadar yang berbeda-beda dan harganya pun berbeda. Semakin tinggi kadar kemurnian emas, maka harganya pun semakin tinggi. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui emas berapa karat yang ingin Anda beli dan sebaiknya tanyakan kepada penjual emas.

Rekomendasi Cincin Emas

Bagi Anda yang sedang mencari cincin emas, Anda bisa membelinya secara online di Blibli pada toko terpercaya. Penasaran apa saja rekomendasi cincin emasnya? Langsung saja simak penjelasannya berikut ini.

1.     Adelle Jewellery

Salah satu produk rekomendasi dari Adelle Jewellery adalah Regalia I Promise Solitaire Diamond Ring. Ini adalah cincin berlian yang berbahan emas putih 18 karat yang memiliki desain yang elegan dan mewah.

Cincin ini memiliki berat emas sekitar 1,6 gram dengan kadar diamond 0,1 ct. Soal harga, cincin emas diamond ini menawarkan harga 7,7 jutaan. Walaupun begitu, kualitasnya tentu tidak main-main dan pastinya cincin ini terkesan mewah namun tetap masih simpel.

2.     Semarnusantara

Semarnusantara adalah toko emas di Blibli yang menjual salah satu produk cincin emas 10 karat. Cincin emas ini memiliki warna gold dengan kadar kemurnian emas 10 karat. Estimasi berat cincinnya adalah 0,5 hingga 2,2 gram.

Anda bisa mendapatkan cincin emas ini mulai dari harga 360 ribuan saja dan tentunya produk ini asli dan original. Selain itu, pembelian juga akan disertakan dengan nota, jadi ketika Anda ingin menjualnya kembali akan lebih mudah.

3.     Beliberlian.id

Selanjutnya, ada toko Beliberlian.id yang bisa menjadi referensi toko emas online di Blibli. Salah satu produk cincin emas yang dijualnya adalah Twist Diamond Ring seharga 6,9 juta rupiah. Cincin ini memiliki tampilan yang mewah dengan warna putih dan desainnya unik serta cantik.

Cincin ini memiliki kadar kemurnian emas 18 karat dan beratnya 2,1 gram. Ketika melakukan pembelian cincin emas ini, Anda akan mendapatkan paket cincin, invoice, sertifikat, box dan paper bag.

4.     Dominique Jewellery

Terakhir, ada Dominique Jewellery. Domonique Jewellery menjual berbagai perhiasan emas salah satunya cincin emas bernama HALA Kelrip Collection RI200346. Cincin emas ini memiliki tampilan yang cantik dengan adanya diamond.

Harga dari cincin emas ini dibanderol mulai dari 1,3 juta rupiah saja. Cincin ini memiliki kadar emas 18 karat dan beratnya 1,46 hingga 1,55 gram. Anda juga akan mendapatkan sertifikat.

Itu dia hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli emas dan rekomendasi produk cincin emas untuk Anda. Silakan langsung saja kunjungi situs atau aplikasi Blibli untuk berbelanja cincin emas secara online di toko terpercaya dan produk yang berkualitas.

(ppl)


Berita Terkait

Baca Juga