Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama Berpuasa

Tips Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama Berpuasa Ilustrasi

Covesia.com - Puasa Ramadan 1443 H telah lebih dari sepekan. Namun, selama menjalankan ibadah puasa sering kali timbul masalah pencernaan yang dapat mengganggu aktivitas.

Masalah pencernaan yang biasanya dialami ini seperti sembelit, mulas, kembung dan bahkan asam lambung, sehingga perlu untuk menjaga kesehatan pencernaan agar kondisi tubuh dan lambung tetap prima selama berpuasa.

Dilansir dari hallosehat.com, masalah pencernaan terjadi karena proses metabolisme tubuh yang berubah ketika berpuasa. Berikut dirangkum beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan pencernaan:

1. Makan Jangan Berlebihan

Ketika berbuka orang-orang cenderung mengkonsumsi minuman dingin dan makanan berlemak secara berlebihan. Rita Ramayulis, Praktisi gizi klinis dan olahraga menyebut bahwa berbuka dengan minuman yang terlalu dingin akan menyebabkan kinerja lambung menjadi lambat. Hal itu terjadi karena lambung terlebih dulu perlu menyesuaikan dengan suhu tubuh.

Begitupun ketika mengkonsumsi makanan berlemak seperti gorengan ketika berbuka. Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Prof. Ari Fahrial Syam mengatakan, memakan gorengan secara berlebihdan dalam jumlah banyak saat berbuka akan mempengaruhi kerja lambung. Hal ini terjadi karena lambung yang kosong seharian harus melakukan kerjanya secara bertahap.

2. Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan sehat yang perlu dikonsumsi ketika berpuasa adalah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Karena selama menjalankan ibadah puasa tubuh membutuhkan glukosa yang cukup sebagai energi utama. Selain itu, makanan yang mengandung protein, sayur-sayuran serta cairan yang cukup juga menjadi pilihan tepat untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh.

3. Hindari Tidur Setelah Makan

Dilansir dari hallosehat.com, tidur setelah makan dapat menyebabkan asam lambung bisa mengalir kembali ke kerongkongan sehingga terjadi heartburn dan refluks. Masalah ini dapat terjadi terhadap orang yang memiliki penyakit asam lambung. Namun, bagi yang tidak memiliki penyakit itupun tetap harus berhati-hati dan tidak langsung tidur ketika perut terisi penuh.

4. Olahraga


Selain menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan. Ada banyak olahraga ringan yang bisa dilakukan selama berpuasa agar tidak mengganggu ibadah puasa yang sedang dijalankan. Olahraga ringan tersebut dapat secara rutin dilakukan, seperti jalan santai sembari ngabuburit menunggu buka puasa, bersepeda atau yoga.

Menjaga kesehatan pencernaan sangat penting agar rutinitas puasa tetap terjaga. Pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan tidak berlebihan merupakan langkah awal yang perlu dilakukan setiap umat muslim. Jangan abaikan masalah pencernaan karena juga dapat berdampak bagi kesehatan tubuh lainnya.

(adi)

Berita Terkait

Baca Juga