BerandaLifestyleMengenal Cloud VPS dan Layanan Terbaiknya

Mengenal Cloud VPS dan Layanan Terbaiknya

- Advertisement -

Covesia.com – Sekilas dari namanya Cloud Virtual Private Server (VPS) merupakan pengembangan tingkat lanjut dari server yang tidak nyata atau secara virtual. Sebelum mengenal lebih dalam, ketahui terlebih dahulu definisi dari VPS.

VPS adalah salah satu tren yang tengah populer di web hosting saat ini. Mengapa tidak, layanan ini menyediakan lingkungan otonom dengan sumber daya yang cukup untuk menangani situs web dengan lalu lintas tinggi sekalipun. Hosting VPS menghilangkan semua risiko yang terkait dengan hosting bersama yakni overselling, memonopoli sumber daya, keamanan yang buruk.

Sementara itu dengan dukungan paket server virtual semakin murah, membuatnya lebih hemat biaya daripada menyewa seluruh server khusus. Begitu juga pilihannya seperti cloud VPS yang dikenal lebih praktis namun dengan support yang tidak kalah canggihnya. Tren cloud sendiri tumbuh dengan sangat cepat dan mengubah bahkan hal-hal paling mendasar yang biasa kita gunakan

Jadi VPS merupakan suatu teknologi virtualisasi di mana dapat membagi sumber daya sebuah server fisik menjadi beberapa bagian secara virtual. Hampir sama ketika anda melakukan instalasi VirtualBox dalam komputer. Bedanya yaitu, sebuah VPS berjalan pada suatu server yang biasa disebut Node/ Hypervisor pada data center. Jadi anda dapat melakukan aktivitas pada VPS full 24 jam dengan akses root (utama).

Seperti yang diketahui, hosting berbasis cloud lebih stabil karena tidak akan ada efek pada kinerja ketika bagian dari komponen turun karena didesentralisasi. Tidak diperlukan investasi besar dan sumber daya yang tidak perlu dapat dihapus tanpa pembatalan atau biaya lebih lanjut. Berikut ini manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan Cloud VPS :

Sumber Daya Server Khusus Tersendiri

Seperti server khusus, di Cloud VPS, sumber daya Anda didedikasikan. Server Cloud VPS memiliki semua sumber dayanya yang didedikasikan untuk situs web Anda yang hampir identik dengan bagaimana server khusus beroperasi. Setiap VPS Cloud terkandung di dalam dirinya sendiri sehingga pelanggan lain di cloud sama sekali tidak berpengaruh pada situs web Anda.

Skalabilitas Lebih Baik daripada Server Terdedikasi

Cloud VPS lebih mudah diskalakan daripada server khusus. Dengan server khusus, peningkatan kinerja CPU biasanya berarti bahwa teknisi perlu mengganti CPU server itu sendiri atau memigrasikan situs web ke mesin baru. Dengan Cloud VPS  dapat langsung menskalakan kinerja CPU dengan beberapa inti dan meningkatkan RAM yang diizinkan kapan pun membutuhkannya.

Penyimpanan SSD Berkecepatan Tinggi

Performa disk meningkat secara eksponensial di lingkungan Cloud VPS. Sederhananya, SSD sangat cepat namun waktu tunggu I/O dan kemacetan hampir dihilangkan. Jika situs web Anda memiliki aplikasi web berkinerja tinggi yang diinstal atau basis data intensif yang besar, Anda memerlukan kinerja SSD secepat ini.

Perangkat Keras yang Cepat Pulih

Tidak seperti hosting server bersama atau khusus, Cloud VPS memiliki perangkat keras yang dapat menyembuhkan sendiri. Di lingkungan cloud, kegagalan perangkat keras tidak berarti waktu henti. Pada dasarnya ini berarti bahwa jika satu node gagal, Cloud VPS Anda secara otomatis dipindahkan ke node lain.

Kendali Penuh atas server Cloud VPS

Di server Cloud VPS, Anda dapat memiliki akses root Anda sendiri hingga bahkan dapat menginstal sistem operasi dan panel kontrol Anda sendiri. Cloud VPS Hosting adalah tentang kebebasan untuk melakukan apa yang ingin Anda lakukan. Instal sebanyak mungkin aplikasi web khusus yang diperlukan. Anda memiliki kendali penuh atas apa yang ingin Anda tempatkan di server Cloud VPS Anda.

Sebenarnya ada berbagai macam Cloud server VPS yang ditawarkan dikalangan masyarakat.  Cloud server  VPS dengan provider luar negeri dan Cloud VPS Indonesia. Cloud VPS DomaiNesia ini merupakan salah satu satu Cloud server VPS Indonesia yang harus anda pilih. Inilah alasan mengapa  harus memilih menggunakannya:

1. Mudah dan Sederhana

Dalam melakukan deploy Cloud VPS dapat anda lakukan dengan mudah dan sederhana. Hanya dengan memilih ukuran dan spesifikasi Cloud VPS sesuai kebutuhan anda, kemudian memilih sistem operasi anda langsung bisa menikmati Cloud VPS.

2. High Availability & Distributed Storage

Seperti yang sudah disebutkan diatas, Cloud VPS DomaiNesia berjalan pada sebuah Cluster yang terdiri dari banyak server fisik. Itu artinya Cloud VPS tidak berjalan hanya pada satu server fisik (single server).

3. Scalable

DomaiNesia menyediakan Cloud VPS dengan berbagai jenis ukuran memori, CPU, SSD agar anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Kami juga memberikan fitur Upgrade Cloud VPS yang bisa dilakukan sewaktu-waktu.

4. Menggunakan SSD (Solid State Drive)

Menggunakan SSD sebagai media penyimpanan dalam Cloud VPS.

5. Spesifikasi Node/ Hypervisor yang Cukup Mumpuni

Node/ Hypervisor merupakan pondasi utama dalam terbentuknya Cloud VPS dengan performa tinggi. Untuk itu menggunakan kombinasi dari Dual Intel Xeon E5, DDR4 ECC Registered Memory, dan NVMe SSD sebagai Node/ Hypervisor Cloud VPS.

6. Menggunakan Bentuk Virtualisasi KVM

Tipe KVM ini merupakan bentuk virtualisasi paling bagus karena aktivitas dari satu Cloud VPS tidak akan berpengaruh terhadap Cloud VPS yang lain dalam satu Hypervisor.

7. Memiliki OS yang Beragam

Menyediakan berbagai OS (sistem operasi) yang dapat digunakan seperti Ubuntu, CentOS, Debian, Fedora, dan Opensuse.

Nah, Cloud VPS DomaiNesia merupakan Cloud server VPS Indonesia dengan berbagai fitur dan keunggulan. Tertarik dengan Cloud VPS DomaiNesia? Cloud VPS DomaiNesia memiliki berbagai ukuran Cloud VPS dengan harga yang beragam dan dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan.

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -