4 Manfaat Bawang Putih yang Harus Anda Tahu

4 Manfaat Bawang Putih yang Harus Anda Tahu Istimewa
Covesia.com - Hampir semua masakan yang kita makan menggunakan bawang merah sebagai salah satu bumbu masakannya. Bukan cuma membuat makanan menjadi lebih sedap dan kaya rasa, ternyata bawang merah memiliki manfaat bagi kesehatan karena kaya akan kandungan gizi.

Bawang merah (Allium cepa var ascalonicum) memiliki bau yang khas sehingga masakan bisa menjadi lebih sedap. Biasanya orang mengolah bawang merah dengan cara menumisnya bersama dengan sayuran atau menggorengnya.

Bukan cuma sebagai penyedap rasa, bawang merah juga dapat memberikan sejumlah nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Karena kandungan nutrisinya, bawang merah kemungkinan dapat bermanfaat jika kamu konsumsi secara rutin. Apa saja manfaatnya? Yuk simak penjelasannya yang dirangkum dari laman Hellosehat.com.

1. Berpotensi mencegah kanker

Kanker adalah penyakit yang terbentuk dari sel-sel tubuh yang abnormal. Para ahli kesehatan berpendapat bahwa paparan radikal bebas merupakan salah satu faktor resiko kanker.

Radikal bebas adalah molekul yang ada pada polusi atau asap rokok, yang bisa menyebakan stres oksidatif yang dapat memicu keruskan sel.

Paparan radikal bebas dalam jangka panjang sendiri dapat membuat sel menjadi abnormal.

2. Mengatasi peradangan

Di saat virus, bakteri, atau zat asing masuk ke tubuh, disinilah kekebalan tubuh akan membuat antibodi untuk melawan zat yang mengancam tersebut.

Peradangan dalam jangka panjang dapat berisiko munculnya sejumlah penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

Agar peradangan tidak semakin parah, cobalah untuk mengonsumi makanan antiradang, seperti bawang merah. Dan sampai saat ini, penelitian masih melakukan studi lebih lanjut mengenai manfaat bawang merah ini.

3. Mendukung kesehatan saraf dan otot

Bawang merah tinggi akan kalium, yang dimana kalium berguna sebagai vital bagi tubuh.

Kalium pada bawang merah berkhasiat mendukung otot dan saraf agar bekerja dengan normal.

Dengan saraf dan otot yang sehat tentu akan mendukung kamu melakukan berbagai aktivitas setiap hari.

4. Menyehatkan tulang

Khasiat bawang merah yang satu ini perlu kamu ketahui. Bawang merah ini mengandung kalsium, yakni mineral yang menjaga tulang tetap kokoh dan merangsang pertumbuhan sel tulang baru meenggantikan sel tulang yang telah rusak.

Selain kalsium, mineral lain pada bawang merah seperti tembaga, zat besi, dan fosfor juga memberikan khasiat yang serupa.

Nah, sudah jelas kan manfaat tentang bawang merah. Semoga bermanfaat dan terima kasih.
(Suara.com)

Baca Juga