Semarakkan Bulan Menggambar Nasional, RAS Padang Gelar Pameran

Semarakkan Bulan Menggambar Nasional RAS Padang Gelar Pameran Komunitas seni rupa yaitu Rumah Ada Seni (RAS) menggelar pameran Lukisan dan Gambar, Sabtu (14/5/2022)

Covesia.com - Bertajuk "Jelajah Barat Sumatera", Komunitas seni rupa yaitu Rumah Ada Seni (RAS) menggelar pameran untuk menyemarakkan bulan menggambar nasional 2022.

Pameran yang diselenggarakan di Sekretariat RAS di Jalan Puma, nomor 15, Kelurahan Dadok Tunggul Hitam, Padang, Sumatera Barat (Sumbar) itu secara resmi dibuka pada Sabtu (14/5/2022) sore.

"Pameran ini akan berlangsung selama enam hari mulai dari 14 Mei hingga 20 Mei dan terbuka bagi umum," kata Ketua RAS Yusuf Fadly Aser, usai pembukaan pameran.

Ia mengatakan dalam kegiatan tersebut ada belasan karya yang dipamerkan bagi para pengunjung yang terdiri dari karya gambar serta lukisan.

"Para seniman merupakan seniman muda yang kini berdomisili di Padang, semua karya adalah karya baru yang dibuat pada 2022," jelasnya.

Menurutnya tema "Jelajah Barat Sumatera" sengaja diangkat untuk mengangkat lokalistik serta identitas daerah agar bisa dieksplorasi serta ditafsirkan oleh masing-masing seniman.

Ia menjelaskan kegiatan itu dilangsungkan pihaknya untuk menyemarakkan bulan Menggambar Nasional yang jatuh pada 2 Mei dan dirayakan secara serentak di berbagai daerah Indonesia pada 14 Mei.

"Melalui kegiatan ini kami ingin berkontribusi menggaungkan kegiatan "drawing" atau menggambar di Indonesia, khususnya Kota Padang dan Sumbar," katanya.

Selama pameran berlangsung berbagai acara pertunjukkan seni serta musik juga akan disuguhkan bagi para pengunjung, sejumlah penampil di antaranya adalah "Kertas Buram", "Satonggakart", "Freesound", dan lainnya.

"Anak-anak muda bisa datang untuk menyaksikan karya-karya yang dipamerkan, serta berbagai pertunjukkan seni yang menarik," katanya.

Pada bagian lain, pameran tersebut terselenggara oleh kerjasama antara RAS dengan Forum Drawing Indonesia, dan dibuka langsung oleh perwakilan dari Badan Pelestarian Nilai Budaya Provinsi Sumbar.

(ril)

Berita Terkait

Baca Juga