Ini 4 Cara Agar Tubuh Terhindar dari Dehidrasi Saat Cuaca Panas

Ini 4 Cara Agar Tubuh Terhindar dari Dehidrasi Saat Cuaca Panas Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Kota Padang saat ini menunjukkan suhu 29-30 derajat celcius namun terasa seperti 33 derajat celcius. Suhu yang cukup panas dan tentunya dapat menyebabkan dehidrasi. 

Rasa haus yang berlebih, warna urine kuning gelap, frekuensi dan volume buang air kecil mengalami penurunan, mulut terasa kering, sakit kepala dan sulit konsentrasi adalah sederet ciri tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. 

Agar hal tersebut tidak terjadi berikut Covesia.com rangkum Tips agar terhindar dari dehidrasi dari berbagai sumber. 

Perbanyak Minum Air Putih

Jika beraktifitas di bawah terik matahari cairan tubuh akan berkurang dalam jumlah banyak. Agar keseimbangan cairan tubuh tetap terjaga, perlu mengganti cairan tersebut dengan banyak minum air putih. 

Air putih dipercaya bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang. Namun tidak diperbolehkan berlebihan. Usahakan minum air dengan suhu normal alias sejuk untuk mencegah dehidrasi di tengah cuaca panas.

Jangan Menunda Minum Saat Haus

Kebanyakan kita suka menunda-nunda untuk minum dengan alasan pekerjaan yang tanggung atau alasan lainnya. Padahal ini bisa menjadi penyebab kita dehidrasi. 

Segeralah minum ketika merasa haus, hentikan aktivitas sebentar dan minum air agar risiko dehidrasi bisa dicegah. 

Cek Warna Urin 

Salah satu cara mengetahui tubuh kita kekurangan cairan adalah dari warna urin. Jika berwarna kuning gelap artinya tubuh sangat membutuhkan cairan, perbanyak minum. Namun sebaliknya jika warnanya jernih, tandanya kebutuhan cairan Anda tercukupi dengan baik. 

Konsumsi Buah

Selain memperbanyak minum air putih, mengkonsumsi buah baik dalam bentuk jus atau buah asli juga membantu menambah cairan di dalam tubuh. 

Pilihlah buah-buahan yang tinggi kadar airnya, seperti semangka, melon, stroberi, jeruk dan lainnya. 

Nah demikian 4 cara agar terhindar dari dehidrasi yang mengganggu aktivitas. Semoga bermanfaat. 

(ila) 


Berita Terkait

Baca Juga