BPJS Kesehatan Berikan Solusi REHAB untuk Atasi Tunggakan Iuran JKN-KIS

BPJS Kesehatan Berikan Solusi REHAB untuk Atasi Tunggakan Iuran JKNKIS

Covesia.com - Untuk tetap mendapatkan layanan kesehatan karena tunggakan peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang telah lama menunggak, kini BPJS Kesehatan memberikan solusi dengan Program REHAB (Rencana Pembayaran Bertahap). 

Program REHAB ini untuk memudahkan peserta JKN-KIS khususnya segmen peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) yang pembayaran iurannya yang tertunggak atau untuk peserta Mandiri. 

"Jadi bagi peserta mandiri yang menunggak iuran dan belum bisa membayar secara lunas, BPJS Kesehatan memberikan solusi melalui program Rencana Pembayaran Bertahap (REHAB)," ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Padang, Yessy Rahimi, Selasa (7/6/2022) 

Yessy menjelaskan untuk mendapatkan layanan Rehab tersebut syarat dan ketentuannya yakni peserta mandiri, tunggakannya lebih dari 3 bulan (4 sampai 24 bulan), kemudian peserta mendaftar melalui aplikasi mobile JKN dan/atau BPJS Kesehatan Care Center 165 dengan maksimal periode tahapan pembayaran selama 1 siklus program adalah 12 bulan.

Terkait mekanisme pendaftaran, Ia menjelaskan bahwa peserta dapat melakukan pendaftaran melalui aplikasi Mobile JKN dengan pilih menu Rencana Pembayaran Bertahap. 

Setelah itu akan muncul informasi mengenai Program REHAB, mulai dari total tunggakan serta syarat dan ketentuan Program REHAB.

Kemudian akan ditampilkan simulasi tagihan yang dapat dipilih oleh peserta JKN-KIS. 

“Adapun pembayaran tagihan iuran dapat dilakukan pada kanal-kanal yang telah bekerjasama dengan BPJS kesehatan. Bagi peserta yang terdaftar autodebit, maka tagihan akan terkoneksi dengan tagihan autodebet-nya kecuali Bank Mandiri, BNI dan BCA,” kata dia. 

"Dan nantinya status kepesertaan akan kembali aktif setelah seluruh tunggakan dan iuran bulan berjalan lunas dibayarkan,” imbuhnya. 

Lebih lanjut Yessy menambahkan pihak juga terus mengajak masyarakat yang belum memiliki BPJS untuk segera mendaftar dan peserta menunggak dapat mengaktifkan kembali kartu kepesertaan melalui program REHAB. 

"Secara nasional capaian peserta JKN-KIS 87,93 persen, meskipun ada yang tidak aktif lagi. Sedangkan di Sumbar dari 5.604. 457 penduduk, sebanyak 4.821.498 jiwa (86,03 persen) sudah terdaftar," jelasnya. 

Sebelumnya BPJS Kesehatan cabang Padang mencatat sebanyak 233.084 peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU atau biasa disebut Peserta Mandiri) menunggak pembayaran iuran. 

"Oleh sebab itu manfaatkanlah program REHAB ini agar pelayanan kesehatan masyarakat bisa dinikmati kembali di sejumlah layanan kesehatan seperti Klinik, Rumah Sakit dan sentra pelayanan kesehatan lainnya," pungkasnya. 

(don) 


Berita Terkait

Baca Juga