BKSDA: Macan Dahan Masuk Rumah Warga di Pasaman Segera Dilepasliarkan

BKSDA Macan Dahan Masuk Rumah Warga di Pasaman Segera Dilepasliarkan Sumber: BKSDA Sumbar

Covesia.com - Seekor Macan Dahan (Neofelis Nebulosa) masuk ke dapur warga daerah kawasan padat penduduk di Nagari Air Manggis, Kecamatan Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman. Macan tersebut diketahui warga sekitar Senin (13/6/2022) jam 06.00 Waktu Indonesia Barat.Terkait hal itu, Kepala Balai Konservasi Sumbar Daya Alam (BKSDA) Sumbar, Ardi Andono mengatakan akan melepasliarkan kembali satwa tersebut.

"Kita periksa terlebih dahulu, apabila macannya dalam keadaan sehat maka akan kita lepasliarkan kembali," ujarnya.

Lanjut Ardi, pihaknya berterima kasih kepada warga yang telah menemukan serta melaporkan penemuan macan tersebut. "Kita berterima kasih kepada warga atas penemuan macan dahan itu dan juga telah membantu proses evakuasi," sebutnya.

"Sampai saat ini satwa masih diperiksa, belum tau lagi berapa umurnya. Kita masih menunggu laporan selanjutya," katanya. 

Diberitakan sebelumnya, usai ditemukan satwa teraebut langsung dilaporkan warga kepada Polisi dan BKSDA Resor Pasaman. Macan dahan tersebut diduga tersesat ke pemukiman warga dan kesiangan sebelum kemudian kembali masuk hutan yang ada dipinggir pemukiman warga.

Hingga proses evakuasi berhasil, macan tersebut dalam kondisi sehat dan tidak diganggu masyarakat setempat.

Berita Terkait

Baca Juga