BerandaLifestyle5 Manfaat yang Kamu Dapatkan Dalam Menulis Blog

5 Manfaat yang Kamu Dapatkan Dalam Menulis Blog

- Advertisement -

Covesia.com – Ragu untuk memulai menulis artikel ? Ada banyak manfaat menulis artikel yang kita dapat, baik untuk diri sendiri maupun bagi orang lain yang membaca tulisan anda.

Dari sekian banyak menulis manfaat artikel, kita akan membahas 5 manfaat yang kita dapat dari menulis di media massa maupun blog pribadi sebagai berikut :

Yang pertama adalah manfaat dokumentasi

Kita tidak mungkin bisa mengulang waktu kembali, dan tak ada manusia yang bisa mengingat semua kejadian di masa lalu dengan sempurna. Bahkan masa lalu akan tertutup oleh kejadian-kejadian baru.

Bagi seorang yang pelupa dan seorang yang perfeksionis menulis akan sangat membantu dalam mengingat hal-hal yang sering dilupakan dan membuat dokumentasi yang teratur.

Yang kedua adalah melatih cara berpikir

Dengan membiasakan menulis berarti kita tengah melatih otak untuk terus berfikir dan berkembang. Menulis akan membiasakan otak untuk terus selalu mencari peluang, ide, gagasan maupun inspirasi yang terkadang mucul secara tiba tiba.

Yang ketiga adalah mengembangkan kemampuan

Dalam membuat suatu tulisan ataupun artikel tentunya kita akan melalui sebuah proses mencari inspirasi apa yang akan kita tulis, mencari referensi agar tulisan kita berisi dan bermanfaat, dengan menulis kita secara tidak langsung akan mengembangkan kemampuan kita dalam hal bahasa, tentunya agar tulisan kita bisa dibaca dengan enak oleh orang lain.

Selain itu menulis juga salah satu hal yang dapat membuat kita mahir dalam berbicara. Sebuah penelitian membuktikan bahwa dengan menulis mampu membantu kemahiran anak usia sekolah dasar (SD) dalam belajar Bahasa asing.

Yang Keempat menurunkan depresi dan kecemasan

Menulis dapat membuat pikiran lebih tenang.  Dengan menulis dapat membantu kita untuk berdamai dengan trauma masa lalu. Menulis akan membantu kita untuk melepaskan emosi yang tertahan yang dapat membuat stres.

Ketika kita menuliskan pengalaman atau peristiwa yang ada di masa lalu, kita juga akan dapat melihat perubahan positif yang telah terjadi pada diri kita.

Menulis juga dapat membantu mendeteksi pola tidak sehat pada perilaku dan pikiran Anda. Hal ini dapat membantu Anda menemukan apa yang sebenarnya membuat Anda stres.

Yang terakhir, yang kelima ini tentu saja menghasilkan uang/penghasilan

Dengan menulis kita bisa meraup pundi-pundi penghasilan tambahan disetiap kita menulis artikel. Pasalnya dengan artikel yang kita tulis di blog pribadi yang sudah di monetisasi ads atau iklan yang sudah terpasang di blog, kita akan mendapatkan penghasilan dari jumlah pengunjung yang datang ke blog pribadi kita.

Selain itu, dengan menulis kita juga bisa menjadi penulis freelance untuk media massa yang akan dibayar dari setiap artikel yang kita tulis.

Kita juga dapat mengikuti perlombaan yang sering diadakan kementrian maupun institusi institusi pemerintah lainnya dan juga e-commerce, contohnya Shopee yang sedang mengadakan Kontes Blog Shopee #NgeBlogDariRumah yang menawarkan hadiah uang tunai untuk sebuah tulisan terbaik.

Bertema #NgeBlogDariRumah. Kontes blog Shopee ini terdiri dari dua babak, yaitu:

1. Babak pendaftaran: 2 Agustus – 3 September 2021
2. Babak penulisan: 10 – 24 September 2021

Pemenang akan diumumkan pada tanggal 4 Oktober 2021 melaui artikel di inspirasi Shopee.

Kalau kamu lolos ke babak penulisan, Shopee akan memilih tiga artikel terbaik dengan hadiah sebagai berikut: 
Juara 1: Rp8.000.000 
Juara 2: Rp6.000.000 
Juara 3: Rp3.500.000

Tidak hanya tiga pemenang terbaik, lho! Ada juga hadiah untuk peserta dengan kategori:

Best Engagement (komentar dan share terbanyak): Rp2.500.000
200 submission pertama: ShopeePay @50.000 

Tertarik? Yuk, isi formulir pendaftarannya! Kami tunggu partisipasimu, ya! Cek informasi selengkapnya di sini!

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
Pilihan Editor
- Advertisement -
- Advertisement -
Berita Terkait
Lainnya
- Advertisement -